Pendekatan Scientific Berbantuan Media Pembelajaran Puzzle dalam Meningkatkan Curiosity dan Kemampuan Analogi Mahasiswa pada Pembelajaran Ekonomi
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universits Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jekpend.v4i2.21919
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, F. N., & Pujiastuti, E. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis dan Rasa Ingin Tahu melalui Model PBL. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang, 523-531.
Asfar, A. M. I. A., Asfar, A. M. I. T., Nur, A. S. A., Kurnia, A., Asfar, A. H., & Budianto, E. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Knowledge Sharing Berbasis Kompetensi pada Mahasiswa Teknik Kimia Politeknik Negeri Ujung Pandang. Prosiding Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 2019, 155-159
Atini, L. N. (2018). Penggunaan Permainan Puzzle pada Materi Bangun Datar di Kelas VII SMP Negeri 12 Yogyakarta. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 68-78
Dewi, N. Y., & Hastuti, H. (2019). Penggunaan Media Picture Puzzle untuk Meningkatkan Interaksi dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas X IS 2 SMA Negeri 2 Painan. Jurnal Kapita Selekta Geografi, 2(4), 148-164.
Ernawati, Herman., & Inanna. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Murder terhadap Self Efficacy dan Kuriositas Peserta Didik dalam Pembelajaran Ekonomi, 4(1), 32-43.
Farmawati, E., Ramli, A., & Rahmatullah, R. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru Ekonomi Pada SMA Negeri Di Kota Makassar. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan
Fauzi, R, A., Zainuddin., & Atok, A. R. (2017). Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial Melalui Discovery Learning, Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS (JTP2IPS). 2(2), 27-36.
Febryani, K., & Kusumaningtyas, A. D. (2016). Seminar Nasional HFI 2014 UAD. Jurnal Fisika Indonesia, 53(18), 43-46.
Franita, R. (2016). Analisa Pengangguran di Indonesia. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, Volume 1, 88-93, ISSN: 2541-657X.
Nur, A. S. A., Asfar, A. M. I. T., Ruhni., & Nurliah, A. (2018). Building Students’ Analysis through the Application of GOLD (Guided, Organizing, Leaflet, Discovery) Models with Lontara Bilingual Applications based on Android. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 227, 233-236
Nur, A. S. A., Hartina., Ruhni., Jamaluddin., Sari, A. M., & Hasriati. (2018). Pembelajaran Ekonomi Melalui Aplikasi GOLD Lontara Berbasis Android. Prosiding Seminar Hasil Penelitian (SNP2M): 131-136
Nur, A. S. A., Ramli, A., Inanna., Asfar, A. M. I. T., Asfar, A. M. I. A., & Ernawati. (2021). Analysis Curiosity and Analogy Abilities of College Student Reviewed From A Scientific Approach at The University Of Muhammadiyah Bone. Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(5), 590-609.
Persada, R. A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Mahasiswa (Studi Eksperimen terhadap Siswa Kelas VII SMPN 2 Sindangagung Kabupaten Kuningan pada Pokok Bahasan Segi Empat). EduMa, 5(2), 23-33.
Raharja, S. (2018). Mengukur Rasa Ingin Tahu Mahasiswa (Measuring Students’ Curiosity). A Journal of Language, Literature, Culture, and Education POLYGLOT, 14(2), 151-164.
Rahmatullah. (2018). Pembelajaran Ekonomi Berjatidiri Bangsa. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5055
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). How Informal Education Fosters Economic Awareness in Children. Dinamika Pendidikan, 15(2), 202–214. https://doi.org/10.15294/dp.v15i2.25285
Rahmatullah, R., Inanna, I., Rakib, M., Mustari, M., & Rabania. (2020). Developing Tematic Economic Comic with Characters for Early Childhood. EST Journal of Educational Science and Technology, 6(3), 293–300.
Ramli, A., Rahmatullah., Inanna., & Dangnga, T. (2018). Peran Media dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar, 5-7.
Rifaatu., Mahmuzah., & Aklimawati. (2017). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing. 4(2), 71-80.
Sugiyono. (2014). Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatn Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sulistiawati., Suryadi, D., & Fatimah, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Analogi Menggunakan Desain Didaktis Berdadasarkan Kesulitan Belajar pada Materi Luas dan Volume Limas. JPPM, 9(1), 175-188.
Utami, E., Sajidan., & Dwiastuti, S. (2015). Penerapan Model Pmbelajaran Guided Discovery untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Biologi Mahasiswa Kelas X-2 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Bio-Pedagogi, 4(1), 25-29.
Yulianti, Thaief, I., & Rahmatullah. (2019). Contextual Teaching Learning Dalam Pembelajaran Ekonomi Contextual Teaching Learning in Economic Learning. Pinisi Business Administration Review, 1(2), 117–124.
Article Metrics
Abstract view : 239 times | PDF view : 59 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Andi St. Aisyah Nur, Anwar Ramli, Inanna Inanna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Has been Indexed and Abstracted by:
Published by:
Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar
Office:
Jalan Raya Pendidikan, Fakultas Ekonomi Kampus UNM Gunungsari Baru Kec. Rappocini Kota Makassar. Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jekpend.fe@unm.ac.id Contact: +6285341579686