Kecenderungan Keputusan Akademik pada Politeknik Pariwisata Palembang

Pelliyezer Karo Karo(1*), Samuel Hamonangan(2),

(1) Politeknik Pariwisata Palembang
(2) Politeknik Pariwisata Palembang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jekpend.v4i2.20949

Abstract


Keputusan dalam menentukan pilihan perguruan tinggi melalui identifikasi pengaruh dari tujuh variabel mencakup budaya, kelompok rujukan, keluarga, bauran pemasaran, persepsi, motivasi dan sikap merupakan objek dalam penelitian ini. Subjek penelitian adalah calon mahasiswa angkatan 2020 dan mahasiswa angkatan 2019 dengan total sampel sebesar 342 responden dengan metode proportionate stratified random sampling pada dua stratum sampel. Hasil analisis secara simultan menunjukkan bahwa seluruh variabel dependent berpengaruh secara serempak terhadap keputusan akademik sebesar 89,5 persen. Secara parsial, hasil penelitian menunjukkan setiap variabel dependent berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan akademik dengan proporsi variabel dominan adalah keluarga, budaya dan persepsi

Keywords


keputusan konsumen; budaya; kelompok rujukan; keluarga; bauran pemasaran; persepsi; motivasi; sikap

Full Text:

PDF

References


Adiyanto, R., Sumarwan, U., & Sptono, I. T. (2017). Consumer behavior analysis in choosing conventional or sharia mortgage product in Indonesia. Asian Social Science, 13(8), 74.

Artini, I. D. A. J., Kirya, I. K., & Suwendra, I. W. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Jurusan Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis (Feb) Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Sebagai Tempat Kuliah. Jurnal Manajemen Indonesia, 2(1).

Asiati, D. I. (2017). Pengaruh Sumber Informasi Terhadap Keputusan Masuk Universitas Muhammadiyah Palembang. Ekuilibrium: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 12(1), 50-61.

Fakhri, M., Gilang, A., & Ratnayu, N. (2017). Analisis Faktor Pembentuk Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta Universitas Telkom (Studi Pada Mahasiswa Prodi S1 Administrasi Bisnis Fakultas Komunikasi Dan Bisnis Universitas Telkom Angkatan 2016). Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 11(1), 1-12.

Hawkins, B., & Best, R. Coney, 2004, Consumer Behavior, Building Marketing Strategy.

Hidayat, A., Zulkarnain, Z., & Nursanti, A. (2015). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat dan Keputusan Siswa SMA Sederajat di Kabupaten Rokan Hilir dalam Memilih Program Studi di Perguruan Tinggi (Doctoral dissertation, Riau University).

Karo, P. K. (2019, December). Analysis of the effects of relational marketing towards tourist satisfaction level on organizing a tourism event in South sumatra province. In 1st International Conference One Belt, One Road, One Tourism (ICOBOROT 2018) (pp. 234-242). Atlantis Press.

Kotler, Philip dan Kevin Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Gramedia

Sawaji, J., Hamzah, D., & Taba, I. (2010). Pengambilan keputusan mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi swasta di Sulawesi Selatan. Diakses dari http://www. google.co. id.

Schwab, K. (2018, November). The global competitiveness report 2018. In World Economic Forum (Vol. 671).

Shiffman, Leon G and Kanuk, Leslie, Laser, 2007, Perilaku Konsumen, Edisi ketujuh, Indeks, Jakarta.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia.

Wulandini, P., & Saputra, R. (2017). Pengambilan keputusan mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi swasta di pekanbaru. Jurnal sains sosial dan Humaniora, 1(2).


Article Metrics

Abstract view : 219 times | PDF view : 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Pelliyezer Karo Karo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Has been Indexed and Abstracted by:

Google Scholar  PKP Index  Dimensions

 Microsoft Academic Search

 

Published by:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Raya Pendidikan, Fakultas Ekonomi Kampus UNM Gunungsari Baru Kec. Rappocini Kota Makassar. Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jekpend.fe@unm.ac.id Contact+6285341579686