DISTRIBUSI DAN MARGIN PEMASARAN IKAN LAUT SEGAR SERTA SHARE NELAYAN TRADISIONAL

Abd. Rahim(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Distribusi dan Margin Pemasaran Ikan Laut Segar serta Share Nelayan Tradisional. Penelitian yang dilakukan di wilayah pesisir pantai Barat Kabupaten Takalar bertujuan untuk mengetahui besarnya perbedaan margin pemasaran ikan laut segar dan menganalisis faktor-faktor yang mempengahinya serta mengetahui bagian yang diterima oleh nelayan. Tujuan tersebut menggunakan metode deskriptif dan metode penjelasan dengan analisis regresi berganda pada data silang tempat pada tahun 2013.  Hasil penelitian menemukan pemasaran ikan laut segar di Kabupaten Takalar  melalui 3  saluran pemasaran dengan 2 lembaga pemasaran, yaitu pengumpul dan pengecer. Kemudian Saluran distribusi pemasaran dengan margin pemasaran yang terbesar untuk semua jenis ikan terjadi pada saluran distribusi pemasaran I karena banyak lembaga pemasaran yang mengambil keuntungan. Sedangkan jenis ikan laut yang memiliki margin terbesar, yaitu Kembung, kemudian disusul Layang Tembang. Share nelayan untuk saluran pemasaran I cenderung lebih rendah dibandingkan dengan saluran II dan III, hal ini disebabkan panjangnya lembaga pemasaran yang terlibat, namun masih dikatakan pemasarannya efisien. Selanjutnya terdapat pengaruh yang positif antara jenis Kembung dan Layang  dan pengaruh negatif terdapat pada saluran pemasaran I terhadap margin pemasaran ikan laut segar. Sedangkan volume pemasaran dan saluran pemasaran II tidak berpengaruh nyata

Kata kunci : distribusi, margin pemasaran, dan share  

 

ABSTRACT

Distribution and Marketing Margin of Fresh Sea Fish as well as the Traditional Fisherman Share. The research conducted in the western coastal region Takalar aims to determine the magnitude of differences in marketing margins and fresh sea fish to analyze the factors that influence and know the parts received by fishermen. The goals and methods used descriptive explanation of the multiple regression analysis on the data cross place in 2013. The results found in the fresh sea fish marketing Takalar Region through 3 with 2 channel marketing agencies, collectors and retailers. Then the marketing channel with the greatest marketing margins for all types of fish occur in the first marketing distribution channel for many marketing agencies are taking advantage. While the types of fish that have the greatest margin, indian mackerel, followed fringascale sardinella and scad mackerel. Share fishing for channel marketing I tend to be lower than the channel II and III, this is due to the length of marketing agencies that are involved, but it is still said to be efficient marketing. Furthermore there is a positive effect between type of indian mackerel and fringascale sardinella  and negative influences on marketing channels I found the fresh sea fish marketing margin. While the volume of marketing and marketing channels II had no significant.

Keywords: distribution, marketing margin, and share


Article Metrics

Abstract view : 1798 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Abd. Rahim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.