PELAYANAN PADA BIDANG PEMBINAAN KETENAGAAN PENDIDIKAN DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN LUWU TIMUR

Dian Febrianty(1*), Sumarlin Mus(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jak2p.v1i2.9921

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang Pelayanan pada Bidang  Pembinaan Ketenagaan Pendidikan di Dinas Pendidikan Kabupaten Luwu Timur. Fokus penelitian ini adalah bagaimana Pelayanan pada Bidang Pembinaan Ketenagaan Pendidikan di Dinas Pendidikan Kabupaten Luwu Timur yang meliputi tangible, realiable, responsiveness, assurance, empathy. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelayanan pada Bidang  Pembinaan Ketenagaan Pendidikan di Dinas Pendidikan Kabupaten Luwu Timur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala dinas, kepala bidang pembinaan ketenagaan, pegawai dan penerima layanan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tangible (Bukti Fisik) yang mempunyai indikator yaitu kondisi fasilitas, kebersihan, keterampilan dan penampilan belum sepenuhnya berjalan dengan baik. (2) Reliability (Kehandalan) yang mempunyai indikator yaitu ketetapan jam kerja dan istirahat, prosedur  pelayanan, kemampuan dalam pelayanan dan ramah dinilai sudah sesuai.(3) Responsiveness (Ketanggapan) yang mempunyai indikator yaitu kehadiran pegawai sesuai jadwal, kesiapan pegawai dan kemampuan berkomunikasi dinilai sudah sesuai. (4) Assurance (Jaminan) yang mempunyai indikator yaitu kondisi lingkungan, bersikap sopan dan terampil dalam memberikan pelayanandinilai sudah sesuai. (5) Empathy (empati) yang mempunyai indikator memberikan perhatian, mendengarkan dan memahami kebutuhan penerima layanan, dan melayani tanpa membeda-bedakan dinilai sudah sesuai dengan yang diharapkan.

Full Text:

PDF

References


Daryanto & Ismanto Setyabudi. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima.Yogyakarta: Gava Media

Fandy Tjiptono. 2011. Service Management: Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi Offset

_______. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset

Fandy Tjiptono dan Anastasia Diana. 2003. Total Quality Management. Yogyakarta: Andi Offset

Hardiyansyah, 2011. Kualitas Pelayanan Publik (Konsep, Dimensi, Indikator danImplementasinya). Yogyakarta: Gava Media

Lupiyoadi Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktek. Jakarta: Salemba Empat

Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara RI. Keputusan Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara Nomor: 63/KEP/26/M.PAN/7/2003. Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Parasuraman, A Valeri. 2001. (Diterjemahkan oleh Susanto) Delivering Quality Service. New York: The Free Press

Ratminto & Atik Septi Winarsih. 2013. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Soewaryo, Hardjosoedarmo. 2004. Bacaan Terpilih tentang Total Quality Management. Yogyakarta: Andi

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta


Article Metrics

Abstract view : 215 times | PDF view : 32 times



Published by:

Jurusan Administrasi Pendidikan 

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Jl. Tamalate 1 Tidung Makassar, Indonesia

http://ap.fip.unm.ac.id/

has been Indexed and Abstracted by:

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com  Index of /public/site/images/adelina_fitri

 

Dedicated to:

  

This is a website that publishes an open-access article distributed under a Creative Commons License Attribute-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.