KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH LUAR BIASA
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jak2p.v5i1.59120
Abstract
Tujuan penelitian ini mengetahui Gambaran Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, 1) Penetapan misi sekolah, kepala sekolah menanamkan nilai-nilai keimanan, budi pekerti yang luhur, mandiri, kreatif dan berprestasi sesuai dengan profil pelajar pancasila dengan memperhatikan sumber daya dan karakteristik sekolah, mempertimbangkan masukan dari berbagai pemangku kepentingan, mengkomunikasikan serta merealisasikannya; Penataan pembelajaran menunjuk pada pengelompokkan guru, pengelompokkan siswa, penetapan sistem, penyediaan sumber-sumber pembelajaran yang dibutuhkan guru, sistem kerja guru dan penataan beban belajar sesuai kondisi sekolah atas pembelajaran ataupun P5 dengan menggunakan sistem blok; Peningkatan praktek pembelajaran kepala sekolah memelihara hubungan baik dengan guru, memerankan fungsi supervisi, evaluasi secara berkala dalam penerapan KOSP dan P5 dan selalu melakukan pemantauan prestasi; dan Iklim pembelajaran yang positif diterapkan kepala sekolah dengan menerapkan budaya positif dan menjaga komunikasi antar guru dan orangtua/wali murid.
Full Text:
PDFReferences
Ardiyan, L. A., H Lubis, S. H., AB, R. A., Gultom, S. G., & Simaremare, A. S. (2022). Gambaran Kepemimpinan Pembelajaran Guru Penggerak. Syntax Idea, 3(6), 1000. Https://Doi.Org/10.36418/Syntax-Idea.V4i06.1871
Arismunandar. (2022). Kepemimpinan Pendidikan Bahan Ajar Pembelajaran Daring.
Chianiago, A. (2016). Kepemimpinan (Pendekatan Teori dan Studi Kasus). Soni Joko.
Direktorat Sekolah Dasar. (2023). Kurikulum Merdeka: Keleluasaan Pendidik dan Pembelajaran Berkualitas.
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Karwanto, A. R. (2021). Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. file:///C:/Users/HP/Downloads/42845-Article%20Text-70517-1-10-20210916.pdf
Kemdikbudristek. (2022). Kurikulum Merdeka. Kurikulum.Kemdikbud.Go.Id. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/
Kemdikbudristek RI. (2022). Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia No.262/M/2022.
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2020). Peraturan Direktur Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Nomor 6565/B/GT/2020.
Keputusan Menteri Pendidikan, K. R. dan T. R. I. (n.d.). Salinan Kemendikbudristek No.56/M/2022 tetangg Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.
Komariah, A., & Kurniady, D. A. (2022). Kepemimpinan Pendidikan Abad 21. PT. Rajagrafindo Persada.
Meila Hayudiyani (2021). Kepemimpinan pembelajaran dalam implementasi kebijakan digital school pemerintah kabupaten sumenep (studi multisitus di smpn 1 sumenep dan smpn 1 ambunten). Masters thesis, Universitas Negeri Malang. http://repository.um.ac.id/id/eprint/254669
Merdeka Belajar. (2022). Buku Saku Kurikulum Merdeka. https://merdekabelajar.kemdikbud.go.id/upload/file/172_1645510734.pdf
Miles, M. B. H. A. M. & S. J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. Sage Publications.
Panduan Pelaksanaan Pendidikan Inklusif. (2022). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Inklusif Kemendikbudristek.
Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan. (2022). Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan Kemdikbudristek. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Panduan Pengembangan-Kurikulum-Operasional-di-Satuan-Pendidikan.pdf
Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Kemdikbudristek. https://drive.google.com/file/d/10AVBxX-bg5jv2Y0OTiZRKHcRH2055VB3/view
Pendidikan, K., & Kebudayaan, D. (2020). Peta Jalan Pendidikan Indonesia 2020-2035. Https://Drive.Google.Com/File/D/1iexyyahi2ere7bbl1nm75jrxdbi8pi6l/view?usp=sharing
Peraturan Pemerintahan No. 19 Tahun 2005. (n.d.). Peraturan Pemerintahan Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Retrieved December 20, 2023, from file:///C:/Users/HP/Downloads/PP%20NO%2019%20TH%202005.pdf
Permendiknas No. 19 Tahun 2007. (n.d.). Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007.
Permendiknas No.39 Tahun 2009. (n.d.). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 39 Tahun 2009 Tentang Pemenuhan Beban Kerja dan Pengawas Satuan Pendidikan.
Permendiknas No.70 Tahun 2009. (n.d.). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 70 Tahun 2009.
Pusat Informasi Kemdikbud. (2021). Latar Belakang Kurikulum Merdeka.
Pusatinformasi.Guru.Kemdikbud.Go.Id.https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6824331505561-Tentang-Kurikulum-Merdeka
Rizal Bafadal, M., Roesminingsih, E., Sondang Sumbawati, M., & Lidah Wetan Surabaya, J. (2022). Implementasi Kepemimpinan Pembelajaran Untuk Mewujudkan Mutu Sekolah. In JAMP: Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan (Vol. 5). http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Undang-Undang Sisdiknas. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas, 35.
Undang- Undang No. 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional (n.d.). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Presiden Republik Indonesia.
Article Metrics
Abstract view : 28 times | PDF view : 12 timesThis work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
Jurusan Administrasi Pendidikan
Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
has been Indexed and Abstracted by:
Dedicated to:
This is a website that publishes an open-access article distributed under a Creative Commons License Attribute-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.