ANALISIS KEBIJAKAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Dian Erika Putri(1*), Raden Bambang Sumarsono(2),

(1) State University of Malang
(2) State University of Malang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jak2p.v5i1.57237

Abstract


Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam peranannya memberikan pengaruh yang signifikan dalam pembelajaran. Peserta didik dapat mencari dan memahami pengetahuan dengan lebih efektif dan lebih luas dengan internet, tidak terbatas pada sumber pengetahuan yang ada di buku. Guru dapat melakukan inovasi dan kreasi dalam memberikan pembelajaran di kelas dengan media digital dan teknologi lainnya. Tenaga kependidikan juga dapat meningkatkan kinerja menjadi lebih produktif dengan bantuan teknologi atau aplikasi yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kebijakan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran di sekolah. Penelitian menggunakan metode kajian literatur sistematis (systematic literature review) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui pencarian sumber-sumber referensi yang relevan dengan pembahasan. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) adanya kebijakan oleh kepala sekolah dalam penggunaan atau pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di kelas. Peserta didik dapat menggunakan gadget untuk mencari sumber referensi dan pengerjaan soal namun penggunaan tetap dalam pengawasan guru, (2) Dampak positif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yaitu mempermudah guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran, serta meningkatkan kreativitas dan pemecahan masalah peserta didik, (3) Dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yaitu membuat peserta didik menjadi malas berpikir, menyalahgunakan gadget, serta menurunnya tingkat konsentrasi peserta didik saat belajar

Keywords


kebijakan; penggunaan teknologi; pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Aisa, A., & Lisvita, L. (2020). Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Journal of Education and Management Studies, 3(4), 47–52.

Anggita, S. R. (2023). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN LITERASI DIGITAL DALAM PENCEGAHAN TINDAK CYBER BULLYING DI SMAN 1 SRANDAKAN BANTUL. In Jurnal Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan (Vol. 12, Issue 2).

Aswar, A., Syarif, S., Sulkipli, S., & Amirullah, M. (2021). Analisis Arah Kebijakan Sekolah Terhadap Penggunaan Gawai Android dalam Aktivitas Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 247. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3323

Azizah, D. N., & Humaisy, M. S. (2020). KEBIJAKAN SEKOLAH TERHADAP PENGGUNAAN GADGET DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU.

Batubara, D. S. (2017). Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru SD-MI (Potret, Faktor-faktor, dan Upaya Meningkatkannya). Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 48–65.

Fitriyadi, H. (2013). Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi dalam Pendidikan- Potensi Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi dan Pengembangan Profesional.

Githinji, A., Wanyembi, G., Kiura, S., & Njoroge, B. (2022). Improving the Accessibility of Digital Content via Mobile Technology. A Case Study of Mount Kenya University. International Journal of Advanced Computer Technology, 11(3), 1–6. http://ijact.org/index.php/ijact/article/view/81

Handayani, L. S., & Zulaikhah. (2020). ANALISIS KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN DARING BAGI GURU DI ERA NEW NORMAL. 7(2), 176–183. https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i2a7.2020

Husain, C. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 184–192.

Ismaniati, C. (2010). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran.

Mendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Mulyana, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Komputer dan Implementasi Penggunaan Fasilitas terhadap Kebijakan Pendidikan dan Peningkatan Mutu Mengajar Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al-Falah Bandung. MANNERS, 3(1), 73–90.

Munti, N. Y. S., & Syaifuddin, D. A. (2020). Analisa Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1799–1805.

Nooraini, A. (2022). Persepsi Masyarakat terhadap Kebijakan Blended Learning Tingkat Sekolah Dasar dan Taman Kanak-Kanak pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), 3624–36370. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2713

Nugraheny, A. R. (2020). PERAN TEKNOLOGI, GURU DAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI. https://osf.io/hz57r/download

Nurmaulidina, S., & Bhakti, Y. B. (2020). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE DALAM PEMAHAMAN DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA KONSEP PELAJARAN FISIKA. ORBITA: Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 248–251.

Rahadian, D. (2017). Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Kompetensi Teknologi Pembelajaran untuk Pengajaran yang Berkualitas. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 234–254.

Restiyani, R., Juanengsih, N., & Herlanti, Y. (2014). PROFIL PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SEBAGAI MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN OLEH GURU BIOLOGI.

Rivalina, R. (2014). Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikas Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran.

Rokhayati, A. T., Amin, M., Firmansyah, & Ardani. (2023). KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM PENGGUNAAN GADGET SISWA DI SMAN 18 JAKARTA. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2(7).

Rossing, J. P., Miller, W. M., Cecil, A. K., & Stamper, S. E. (2011). iLearning: The Future of Higher Education? Student Perceptions on Learning with Mobile Tablets. https://hdl.handle.net/1805/7071

Schmid, R., Pauli, C., & Petko, D. (2023). Examining the Use of Digital Technology in Schools with a School-wide Approach to Personalized Learning. Educational Technology Research and Development, 71(2), 367–390. https://doi.org/10.1007/s11423-022-10167-z

Siregar, Z., & Marpaung, T. B. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran di Sekolah. 3(1), 61–69.

Sumintono, B., Wibowo, S. A., Mislan, N., & Tiawa, D. H. (2012). PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PENGAJARAN: SURVEI PADA GURU-GURU SAINS SMP DI INDONESIA. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 17(1), 122. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v17i1.251

Surjono, H. D. (2013). The Implementation of ICT to Enhance Student Learning Activities. International Conference on Computers in Education 2013. http://eprints.uny.ac.id/11217/

Thurab-Nkhosi, D. (2013). Blended Learning at The University of the West Indies, St Augustine: A First Look at Policy Implementation. In Caribbean Teaching Scholar (Vol. 3, Issue 1). https://journals.sta.uwi.edu/ojs/index.php/cts/article/view/36

Turnbull, D., Chugh, R., & Luck, J. (2022). An Overview of the Common Elements of Learning Management System Policies in Higher Education Institutions. TechTrends, 66(5), 855–867. https://doi.org/10.1007/s11528-022-00752-7

Utari, E., Mahrawi, & Gumanti, R. M. (2022). Analisis Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Menuju Paperless Policy di Lingkungan Kampus FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. JBB: Jurnal Biologi Babasal, 1(1), 34–43. https://doi.org/doi.org/10.32529/jbb.v1i1.1663

Wahyudi, D., & Suwandana, E. (2022). EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN AKUN BELAJAR.ID KEMENDIKBUD OLEH TENAGA KEPENDIDIKAN. Jurnal Kebijakan Pembangunan Daerah, 06(01), 16. https://bit.ly/angket_belajar_id

Yanuarti, R., & Rusman. (2018). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) OLEH GURU DI SEKOLAH PENERIMA UNIVERSAL SERVICE OBLIGATION (USO). https://statistik.kominfo.go.id/site/data

Yong-Lyun, K. (2016). ICT-Based Education for School Learners in Korea- Policy Development for ICT-Based Education. Journal of East Asian Studies, 14(3), 239–250. http://petit.lib.yamaguchi-u.ac.jp/26173


Article Metrics

Abstract view : 19 times | PDF view : 6 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Jurusan Administrasi Pendidikan 

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Jl. Tamalate 1 Tidung Makassar, Indonesia

http://ap.fip.unm.ac.id/

has been Indexed and Abstracted by:

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com  Index of /public/site/images/adelina_fitri

 

Dedicated to:

  

This is a website that publishes an open-access article distributed under a Creative Commons License Attribute-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.