PENGEMBANGAN MODEL ASESMEN LITERASI NUMERASI, MENULIS, MENYIMAK DAN BERBICARA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Fathimah Az.Zahra Nasiruddin(1), Jainuddin Jainuddin(2), Muhammad Fitrah Umar(3*), Soze Irawan(4),

(1) Pendidikan Matematika, Universitas Bosowa
(2) Pendidikan Matematika, Universitas Bosowa
(3) Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
(4) Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Sastra Universitas Bosowa
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jak2p.v4i2.56458

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil asesmen model literasi numerasi, menulis, menyimak dan berbicara pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan yang diuraikan dalam tahap tahap pengembangan dengan Model ADDIE. meliputi analysis, design, development, implementation dan evaluation. Sistem penilaian dilakukan oleh Guru matematika mencakup proses konten, proses kognitif, afektif dan psikomotorik, serta konteks. Alat ukur yag digunakan menggunkan instrument tes dan angket. Instrument tes digunakan terhadap 139 siswa sekolah Dasar. Lokasi penelitian di SD Islam Athirah Racing Centre Makassar. Hasil penelitian menujukkan bahwa kemampuan literasi dengan kompetensi membaca teks kategori sedang yaitu 64, 29%, sedangkan kemampuan numerasi domain bilangan kategori rendah yaitu 42,86%. Analisis ini ditinjau dari sisi konten soal, kemampuan kognitif dan konteks soal yang dibahas. Analisis kemampuan menyimak dalam menyelesaikan permasalahan sehari hari masih memerlukan bantuan guru. Analisis kemampuan menulis mengalami kesulitan untuk menemukan cara penyelesaiannya. Analisis kemampuan berbicara siswa dapat menjawab pertanyaan secara lisan. Hasil rata-rata Persentasi persentase ketuntasan Minimimal di setiap jenjang kategori sedang yaitu 70,11. Olehnya itu perlu dilakukan banyak latihan dalam melatih siswa melihat soal soal AKM

Keywords


Asesmen; Literasi; Numerasi; Menulis; Menyimak; Berbicara

Full Text:

PDF

References


Abad-Segura, E. (2023). Página 170 Página 171. 170–186.

Asrijanty. (2021). Kata Pengantar. In Buku Pedoman Pelaksanaan Riset Terapan Bidang Fokus Umaniora, Seni Budaya, Pendidikan Penelitian Lapangan Dalam Negeri (Kecil) (Vol. 1, Issue 1, P. 3). Https://Doi.Org/10.24912/Jmts.V0i0.11338

Az-Zahra, F., & Arsyad, S. N. (2020). Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba The Role Of Volunteer Read In Improving Community Literation In Lembang Lohe Village , Kajang District , Bulukumba Regency. 2(2), 1–8.

Badan Standar Kurikulum Dan Asesmen Pendidikan. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika Fase A - Fase F. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Riset Dan Teknologi Republik Indonesia, 21.

Direktorat, S. D. (2021). Pendidikan, Kementerian Teknologi, D A N Dasar, Direktorat Sekolah Pengantar, Kata. Modul Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar, 1, 22. Http://Ditpsd.Kemdikbud.Go.Id/Upload/Filemanager/2021/06/2 Modul Literasi Numerasi.Pdf

Egi Ryan Aldino. (2020). Literasi, Numerasi, Dan Dunia Abad 21 _ By Egi Ryan Aldino _ Medium. Https://Egi-Aldino.Medium.Com/Literasi-Numerasi-Dan-Dunia-Abad-21-26e13738fafd

Gao, Y., Zhao, J., Qin, C., Yuan, Q., Zhu, J., Sun, Y., Lu, C., Federal, U., Cear, D. O., Ci, C. D. E., Agr, N., Ci, E. M., Alimentos, T. D. E., Lopes, S., Oliveira, G. O. D. E., Afifah, I., & Sopiany, H. M., Psicologia, P. D. E. P. E. M., Orrico Junior, M., Santos, H. D. S., … Augusto, K. V. O. N. Z. (2023). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析title. Aleph, 87(1,2), 149–200. Https://Repositorio.Ufsc.Br/Xmlui/Bitstream/Handle/123456789/167638/341506.Pdf?Sequence=1&Isallowed=Y%0ahttps://Repositorio.Ufsm.Br/Bitstream/Handle/1/8314/Loeblein%2c Lucineia Carla.Pdf?Sequence=1&Isallowed=Y%0ahttps://Antigo.Mdr.Gov.Br/Saneamento/Proees

Hanifah, U. (2018). Pengembangan Literasi Berbicara Bahasa Arab (Maharat Al-Kalam) Di Madrasah Ibtidaiyah (Mi). Elementary: Islamic Teacher Journal, 6(2), 206–226. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.21043/Elementary.V6i2.4383

Lifia Yola Putri Febrianti. (2017). Pentingnya Penguasaan Literasi Bagi Generasi Muda Dalam Menghadapi Mea. The 1st Education And Language International Conference Proceedings Center, 640–647. Http://Jurnal.Unissula.Ac.Id/Index.Php/Elic/Article/View/1282

Magaji, A., & Ade-Ojo, G. (2023). Trainee Teachers’ Classroom Assessment Practices: Towards Evaluating Trainee Teachers’ Learning Experience In A Teacher Education Program. Social Sciences And Humanities Open, 7(1), 100467. Https://Doi.Org/10.1016/J.Ssaho.2023.100467

Martínez-Comesaña, M., Rigueira-Díaz, X., Larrañaga-Janeiro, A., Martínez-Torres, J., Ocarranza-Prado, I., & Kreibel, D. (2023). Impact Of Artificial Intelligence On Assessment Methods In Primary And Secondary Education: Systematic Literature Review. Revista De Psicodidáctica (English Ed.), Xxxx. Https://Doi.Org/10.1016/J.Psicoe.2023.06.002

Melia, S., & Kholik, A. (2019). Menulis Narasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Sd The Influence Of Conditioning Read Against The Narrative On Writing Skills Of Learning English. E-Jurnal Skripsi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(1). Https://Ojs.Unida.Ac.Id/Skripsiunida/Article/View/1661

Nasiruddin, F. A. Zahr. (2018). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kota Makassar. 18, 1096–1104.

Nikou, S., & Aavakare, M. (2021). An Assessment Of The Interplay Between Literacy And Digital Technology In Higher Education. Education And Information Technologies, 26(4), 3893–3915. Https://Doi.Org/10.1007/S10639-021-10451-0

Nugraha, M. T. (2017). Budaya Literasi Dan Pemanfaatan Sosial Media Pada Masyarakat Akademik. At-Turats, 11(2), 124–132.

Purwanto, A., Fahmi, K., & Cahyono, Y. (2023). The Benefits Of Using Social Media In The Learning Process Of Students In The Digital Literacy Era And The Education 4.0 Era. Journal Of Information Systems And Management, 02(02), 1–7. Https://Jisma.Org

Rohim, D. C., Rahmawati, S., & Ganestri, I. D. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Sekolah Dasar Untuk Siswa. Jurnal Varidika, 33(1), 54–62. Https://Doi.Org/10.23917/Varidika.V33i1.14993

Rohman, S. (2017). Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 156.

Su, J., Ng, D. T. K., & Chu, S. K. W. (2023). Artificial Intelligence (Ai) Literacy In Early Childhood Education: The Challenges And Opportunities. Computers And Education: Artificial Intelligence, 4(October 2022), 100124. Https://Doi.Org/10.1016/J.Caeai.2023.100124

Supartini, T. A., Pudyaningtyas, A. R., & Dewi, N. K. (2019). Kegiatan Bercerita Dengan Big Book Pada Anak Usia 5-6 Tahun Usia Dengan Menceritakan Kembali Cerita Yang. 7(2).

Umami, R., Rusdi, M., & Kamid, K. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Higher Order Thinking Skills (Hots) Berorientasi Programme For International Student Asessment (Pisa) Pada Peserta Didik. Jp3m (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 57–68. Https://Doi.Org/10.37058/Jp3m.V7i1.2069

Utari, U., Degeng, I. N. S., & Akbar, S. (2016). Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea). Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran Ips, 1(1), 39–44. Https://Doi.Org/10.17977/Um022v1i12016p039

Wahab, I. (2019). Identifikasi Cerita Anak Berbasis Budaya Lokal Untuk Membudayakan Literasi Di Sd. Satya Widya, 35(2), 176–185. Https://Doi.Org/10.24246/J.Sw.2019.V35.I2.P176-185

Wikipedia. (2021). Pengangguran - Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas. Https://Id.Wikipedia.Org/Wiki/Pengangguran


Article Metrics

Abstract view : 61 times | PDF view : 18 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Jurusan Administrasi Pendidikan 

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Jl. Tamalate 1 Tidung Makassar, Indonesia

http://ap.fip.unm.ac.id/

has been Indexed and Abstracted by:

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com  Index of /public/site/images/adelina_fitri

 

Dedicated to:

  

This is a website that publishes an open-access article distributed under a Creative Commons License Attribute-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.