KLASIFIKASI TENAGA PENDIDIK SEBAGAI DASAR PENDEKATAN DALAM SUPERVISI KLINIS

Nurul Hudha Purnomo(1*),

(1) Institut Agama Islam Negeri Kediri
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jak2p.v4i2.53309

Abstract


Pada pelaksanaan supervisi terdapat beberapa permasalahan diantaranya. supervisi yang tidak jelas dapat membuat proses supervisi menjadi tidak efektif, kemudian persepsi guru terhadap pelaksanaan  supervisi, dan Supervisor yang kurang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup dalam supervisi Pendidikan. Untuk memperbaiki pelaksanaan supervisi ada beberapa cara yang dapat digunakan, salah satunya adalah melakukan klasifikasi tenaga pendidik/guru untuk menentukan jenis pendekatan yang akan dilaksanakan. Metode yangdigunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan studi Pustaka. Langkah dalam metode ini adalah menentukan topik penelitian dan mencari sumber pustaka yang relevan dengan topik tersebut, membaca sumber pustaka secara cermat dan menyeluruh, menyusun catatan mengenai temuan-temuan penting yang terkait dengan topik penelitian, mengorganisasi dan menyintesis temuan-temuan tersebut menjadi kesimpulan yang bermanfaat bagi penelitian yang sedang dijalankan. Hasil dari penelitian adalah klasifikasi guru berdasarkan tingkat abstraksi dan tingkat komitmen adalah sebagai berikut Kuadran I adalah guru Drop Out, guru tersebut memiliki tingkat abstraksi dan komitmen yang rendah pendekatan yang bisa digunakakan adalah directive. Kuadran II (unfocused worker) adalah guru yang kerjanya tidak terarah, guru tersebut memiliki tingkat komitmen yang tinggi, tetapi tingkat abstraksinya rendah, Kuadran yang ke III (analytic worker) adalah guru pengamat, guru tersebut memiliki tingkat abstraksi yang tinggi, tetapi tingkat komitmennya rendah pendekatan yang bisa digunakan dalam dua kuadan ini adalah collaborative Pada kuadran IV adalah guru professional yang memiliki tingkat abstraksi dan tingkat komitmen yang tinggi, pendekatan yang digunakan adalah non-directive

Keywords


Educational Supervision; Teacher Classification; Supervision Approach

References


Altun, M. (2017). The Effects of Teacher Commitment on Student Achievement: A Case Study in Iraq. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(11). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v7-i11/3475

Burhanuddin, Sutopo, H., Imron, A., Maisyaroh, & Ulfatin, N. (2007). Supervisi Pendidikan dan Pengajaran (konsep, pendekatan, dan penerapan pembinaan professional). Rosindo.

Dana, P. (2019). 202. DAIWI WIDYA Jurnal Pendidikan, 6, 61–72.

Dea, M. & A. A. (2016). GUIDED PAPER ON DEVELOPMENTAL SUPERVISION: CRITICAL REVIEW.

Glickman, C. (1981). Development supervision: Alternative practice for helping teacher improve instruction. Association for Supervision and Curriculum Development.

Gunawan. (2023). PENERAPAN PENDEKATAN SUPERVISI KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMP NEGERI 4 LAHAT. Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 3(1), 1–9.

Jalil, A., & Setiawan, D. (2022). PROSES SUPERVISI DIREKTIF, NON-DIREKTIF DAN KOLABORATIF DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU MADRASAH TSANAWIYAH. AKADEMIKA Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang, 4, 1–14.

Laela, S. F. N., Maimun, A., & Nursikhin, M. (2023). Supervisi Pembelajaranbagi Guru PAI di Era Post Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(3), 1680–1686.

Maghfhirah, S. (2019). PEMIKIRAN BEHAVIORISME DALAM PENDIDIKAN (Study Pendidikan Anak Usia Dini).

Ningsih, I. W., Mayasari, A., & Ruswandi, U. (2022). Konsep Pendidikan Multikultural di Indonesia. EDUMASPUL Jurnal Pendidikan, 6(1), 1083–1091.

Rahman, A. (2021). Supervisi dan Pengawasan dalam Pendidikan. JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 12(2), 50–65.

Runtifasih. (2023). Upaya meningkatkan efektifitas kinerja guru dalam proses pembelajaran melalui supervisi akademik dengan pendekatan kolaboratif. Manajerial : Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 3(3), 237–244.

Shu, K. (2022). Teachers’ Commitment and Self-Efficacy as Predictors of Work Engagement and Well-Being. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.850204

Suryani, C. (2015). IMPLEMENTASI SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DI MIN SUKADAMAI KOTA BANDA ACEH Cut Suryani. In Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Agustus (Vol. 16, Issue 1).

Yulianto, E. (2023). Pembinaan Guru dengan Pendekatan Supervisi Direktif. Al-Abshar: Journal of Islamic Education Management, 2(1), 65–82. https://doi.org/10.58223/al-abshar.v2i1.68


Article Metrics

Abstract view : 27 times |

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Jurusan Administrasi Pendidikan 

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Jl. Tamalate 1 Tidung Makassar, Indonesia

http://ap.fip.unm.ac.id/

has been Indexed and Abstracted by:

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com  Index of /public/site/images/adelina_fitri

 

Dedicated to:

  

This is a website that publishes an open-access article distributed under a Creative Commons License Attribute-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.