KOMPETENSI TENAGA ADMINISTRASI DALAM PELAKSANAAN ADMINISTRASI MADRASAH DI MAN WAJO
(1) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jak2p.v4i2.44577
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang kompetensi tenaga administrasi dalam pelaksanaan administrasi madrasah di MAN Wajo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran kompetensi tenaga administrasi madrasah dalam melaksanakan tugasnya, faktor pendukung dan pengambat serta upaya yang dilakukan oleh tenaga administrasi dan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensinya. Pendekatan penelitian ialah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Wajo, sumber data dalam penelitian ini ialah kepala madrasah, kepala tenaga administrasi dan staf tenaga administrasi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menurut miles dan Huberman. Pengecekan dan pengabsahan menggunakan trianggulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Tenaga administrasi di MAN Wajo sudah memenuhi kriteria standar Kompetensi tenaga administrasi dalam permendiknas no 24 Tahun 2008 dalam hal kompetensi teknis dan kompetensi manajerial. 2) Faktor pendukung tenaga administrasi dalam melaksanakan tugasnya ialah adanya dukungan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan sarana dan prasarana yang mendukung, kerjasama dari semua pihak pegawai madrasah. Adapun faktor penghambatnya ialah terjadinya mis komunikasi sesama pegawai, jaringan wifi yang tidak lancar, kurangnya sosialisasi dari pihak kanwil kemenag kepada madrasah 3) upaya peningkatan kompetensi oleh tenaga administrasi melakukan kordinasi dengan pihak kepala madrasah serta semua pihak pegawai MAN Wajo dan sekolah lain, mengikuti program Diklat serta mengadakan evaluasi secara mandiri 4) Upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi tenaga administrasi madrasah ialah membuat program kerja pendidikan dan pelatihan, melakukan pengawasan dan evaluasi kepada tenaga administrasi MAN Wajo.
Keywords
References
Arifin, M. (2003). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Bumi Aksara.
Arisanti, D. (2013). Profesionalisme Tenaga Tata Usaha Dalam Pelaksanaan Administrasi Perkantoran Di Sdn 56 Prabumulih.
Aselandri. (2021). Profesionalisme tenaga kependidikan dalam pelaksanaan administrasi pendidikan di sma negeri sekecamatan siak hulu kabupaten kampar.
Aswardi, A. (2020). Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah dalam Manajemen Kesiswaan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tambang. Burhanuddin, Y. (2015). Administrasi Pendidikan. Pustaka Setia.
Daryanto. (2006). Administrasi Pendidikan. Rineka Cipta.
Ginting, N. B. (2019). Profesionalisme Tenaga Kependidikan Dalam Pelaksaaan Administrasi Pendidikan Di MTs Negeri 2 Medan.
Hamalik, O. (2018). pendidikan guru berdasarkan pendekatan kompetensi (8th ed.). bumi aksara.
Haryati, S. (2016). Peningkatan Profesionalisme Dosen di Era Mea di FKIP UNTIDA.
Indahsari. (2020). Kependidikan di MTS Pondok Karya Pembangunan Al-Hidayah Kota Jambi. 5, 11–15.
Kemendiknas. (2008). Permendiknas no 24 tahun 2008. Standar Tenaga AdministrasiSekolah/Madrasah.
Moleong, J. (2017). metode penelitian kualitatif. Metode Penelitian Kualitatif.
Saidah, U. . (2016). Pengantar pendidikan Telaah Pendidikan Secara Global dan Nasional (edisi 2). PT. RajaGrafindo Persada.
Sariningsih, M. (2018). Analisis Kompetensi Tenaga Kependidikan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bondongan Kabupaten Maselang.
Suhartono, S. (2015). filsafat administrasi pendidikan (edisi 1). Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar. Undang-Undang No 23 Tahun 2003. (2003). Sistem Pendidikan Nasional.
Wulan, S. (2014). Pembinaan Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah di SD/MI SeKecamatan Pleret Kabupaten Bantul.
Daryanto. (2006) Administrasi Pendidikan .Rineka Cipta,Jakarta Gunawan. (2013) Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta Kemendikbud (2017)
Yahya M, (2015) Profesi Tenaga Kependidikan.
Sariningsih. (2018) Analisis Kompetensi Tenaga Kependidikan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bondangan Kabupaten Magelang.
Handayaningrat, S. (2014). Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Gunung Agus Pres. Jakarta.
Perlan, (2005). Peraturan Lembaga Administrasi Negara no 10 Tahun 2005 Tentang Tenaga Administrasi.
Nawawi, H. (2015). Administrasi Pendidikan. Gunung Agung.
Kunandar. (2012). Profesionalisme Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP dan Sukses Dalam Sertifikasi. PT.Raja Grafindo Persada
Rimang. (2011). Meraih Predikat Guru dan Dosen Paripurna. Alfabeta. Bandung
Zainal. (2009). Menjadi Guru Profesional Berstandar Nasional. YramaWidya. Bandung
Syaiful. (2005). Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologi. Rineka Cipta. Jakarta
Janawi. (2012). Kompetensi Guru Profesional. Alfabeta. Bandung
Ramayulis. (2013). Profesi Dan Etika Keguruan. Alfabeta. Bandung
Wahyudi. (2009). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajaran Learning Organisation. Alfabeta. Bandung
Article Metrics
Abstract view : 56 times |This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
Jurusan Administrasi Pendidikan
Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
has been Indexed and Abstracted by:
Dedicated to:
This is a website that publishes an open-access article distributed under a Creative Commons License Attribute-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.