IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH (KAJIAN BUDAYA LOKAL SIPAKATAU, SIPAKAINGE, SIPAKALEBBI ) DI UPT SPF SD INPRES BTN IKIP II MAKASSAR
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jak2p.v4i2.43496
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah (kajian lokal sipakatau, sipakainge dan sipakalebbi) di UPT SPF BTN INPRES BTN IKIP II Makassar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah (kajian lokal sipakatau, sipakainge dan sipakalebbi) di UPT SPF SD INPRES BTN IKIP II Makassar berdasarkan pendekatan struktural dan pendektan kultural. Pendekatan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SPF SD INPRES IKIP II Makassar. Sumber data pada penelitian ini kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik tringulasi. Hasil penelitian implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah berdasarkan 1). Pendekatan struktural berupa visi, misi dan tujuan sekolah, aturan dan tata tertib sekolah serta kegiatan dan program sekolah dilihat dari penerapannya terdapat budaya sipakatau atau saling menghormati ditunjukkan dengan kebiasaan tabe, memberi salam dan juga tepuk PPK, sipakainge atau saling menghargai yaitu saling mengingatkan ketika terjadi pelanggaran, jam sekolah dan berpakaian sopan. Selanjutnya sipakalebbi yaitu saling memuliakan dengan sikap saling menghormati dan menghargai 2). Pendekatan kultural yaitu berupa kebiasaan keseharian warga sekolah dan nilai budaya sipakatau, sipakainge dan sipakalebbi, dalam penerapannya sudah cukup baik berupa perilaku positif yang diberikan sekolah. Perilaku dan Nilai-nilai dari budaya 3S dapat ditemukan dalam bentuk beberapa nilai seperti nilai religius, mandiri, nasionalis dan integritas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah. (2018). Pendidikan Karkter Konsep dan Implementasinya (I. Fahmi (ed.); 1st ed.). Kencana.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik (Revisi). PT. Rineka Cipta.
Asmani, J. M. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah (1st ed.). Diva Pres. https://inlislite.banjarkab.go.id/opac/detail?id=11714
Daryanto, & Tanro, H. (2015). Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah. Gava Media.
Hendrik. (2021). Manajemen Pendidikan (Andriyanto & M. Hale (eds.); 1st ed.). Lakeisha.
Hidayah, N. (2015). Penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar 190. 2, 190–204.
Kaharuddin, A., Syahrir, N., & Trisniawati. (2020). Implementasi Budaya Sipakatau, Sipakalebbi, Sipakainge dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMA. Jurnal Kiprah, 8(2), 84–90. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i2.1964
Lickona, T. (2013). Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik (Lita & I. M zakkie (eds.); 1st ed.). Nusa Media.
Oktaviani, C. (2005). DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU.
Poerwati, E., & Suwayandani, B. I. (2020). Manajemen Sekolah Dasar Unggul (R. AH (ed.); 1st ed.). Univesitas Muhammadiyah Malang. http://ummpress.umm.ac.id
Ridwan, & Kadri, M. (2016). Pendidikan Karakter: Mengembangkan Krakter anak yang Islami (1st ed.). Bumi Aksara.
Sastrapateja SJ, M. (2001). Iklim dan Budaya Sekolah. Dinamika Pendidikan, 8, 2.
Virgustina, N. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. KELUARGA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 5(2), 365. https://doi.org/10.30738/keluarga.v5i2.3842
Wardani, W., & Faridah, F. Kebijakan dan Kepemimpinan, Jurnal Adminitrasi Pendidikan (2021). i. 118–126.
Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi membangun karakter bangsa berperadaban (1st ed.). Pustaka Belajar.
Witarsa, & Ruhyana, R. (2021). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya (A. Mulyana, Teguh, Mip, & F. Azhima (eds.); 1st ed.). YRAMA WIDYA.
Article Metrics
Abstract view : 57 times | PDF view : 13 timesThis work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
Jurusan Administrasi Pendidikan
Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
has been Indexed and Abstracted by:
Dedicated to:
This is a website that publishes an open-access article distributed under a Creative Commons License Attribute-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.