LAYANAN PERPUSTAKAAN MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 MAKASSAR

raihan fadillah(1*), Andi Mappincara(2), Syamsurijal Basri(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jak2p.v4i2.21701

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang Layanan Perpustakaan di Sekolah MAN 1 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:  proses layanan sirkulasi, proses layanan teknis, serta layanan referensi yang digunakan di sekolah Madrasah Aliyah Negeri Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Makassar. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, Kepala Perpustakaan sekolah, Pegawai Perpustakaan dan Siswa. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan yang digunakan di sekolah MAN 1 Makassar sudah mampu dilakukan. Akan tetapi masih kurang dilakukan pada ke tiga layanan tersebut yaitu pada layanan sirkulasi poin keanggotaan ditemukan bahwa masih banyak siswa yang belum terdaftar menjadi anggota perpustakaan, sedangkan pada layanan teknis yaitu kurangnya rak buku sehingga buku disimpan ditempat lain, selanjutnya pada layanan refrensi petugas perpustakaan tidak memberikan bimbingan langsung terhadap siswa, pemberian bimbingan hanya dilakukan oleh guru.

Keywords


layanan perpustakaan madrasah

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Idrus, Muhammad. 2009. MetodePenelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta: Erlangga.

Sutarno. 2006. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Sagung Seto.

Lasa HS. 2008. Manajemen Perpustakaan. Yogyakarta: Gama Media.

Bafadal, Ibrahim. 2015. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, Lexy J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rahayuningsih. 2013. Pengelolaan Perpustakaan. Yogyakarta:Graha Ilmu.

Sutarno. 2003. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Sagung Seto.

Perpustakaan Perguruan. Buku Pedoman Pengolahan Koleksi Tinggi 1993. Jakarta

Sumardji. 1984. Pelayanan Perpustakaan, Yogyakarta,: Kanisius,

Sutarno. 2006. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Sagung Seto.

Purwadarminto. 1996. kamus Umum Bahasa, Indonesia: Jakarta: Balai Pustaka.

Noerhayati. 1988. Pengelolaan Perpustakaan Jilid 2. Bandung: Penerbit ALUMNI

Raudah Hutasoit, Hidayati. 2012. Pelayanan Sirkulasi Perpustakaan IAIN Sumatere Utara Iqra’ Volume 06 No 01

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rrineka Cipta,

Syah Muhibbin, Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006,

Iskandar. 2016. Manajemen Dan Budaya Perpustakaan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Bafadal, Ibrahim. 2009. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Soejono. Abdurrahman, 1997. Metodologi Penelitian Suatu Pemikiran Dan Penerapan. Jakarta: Rineka Cipta


Article Metrics

Abstract view : 64 times | PDF view : 9 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Jurusan Administrasi Pendidikan 

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Jl. Tamalate 1 Tidung Makassar, Indonesia

http://ap.fip.unm.ac.id/

has been Indexed and Abstracted by:

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com  Index of /public/site/images/adelina_fitri

 

Dedicated to:

  

This is a website that publishes an open-access article distributed under a Creative Commons License Attribute-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.