MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 6 WAJO KABUPATEN WAJO (Studi Tentang Pembinaan Kedisiplinan Peserta Didik)

Mukhlisa Idris(1*), Sitti Habibah(2), Muh Ardiansyah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jak2p.v4i2.19474

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang manajemen pembinaan kedisiplinan peserta didik di SMA Negeri 6 Wajo. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi pembinaan kedisiplinan peserta didik. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Wajo Kabupaten Wajo. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, Wakasek Kesiswaan, dan tim khusus disiplin. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembinaan kedisiplinan peserta didik dilaksanakan dengan cara merumuskan tata tertib sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah. Pelaksanaan pembinaan kedisiplinan peserta didik yaitu: pertama, melakukan sosialisasi serta menerapkan peraturan kedisiplinan beserta sanksi yang termuat dalam tata tertib sekolah. Kedua, melakukan razia minimal 2 kali dalam sebulan. Monitoring dan pengawasan yang dilakukan setiap harinya dengan menggunakan catatan kerawanan siswa untuk mengetahui terlaksananya pembinaan disiplin tersebut. Evaluasi kegiatan program pembinaan dilakukan setiap akhir tahun pelajaran. Faktor pendukung, terjalinnya kerja sama antara semua pihak yang terkait, adanya kesadaran dalam melaksanakan job description, pemberian pembinaan yang terus-menerus dilakukan sehari-hari salah satunya melalui keteladanan dari guru-guru. Faktor penghambat, kurangnya kesadaran peserta didik dalam menaati aturan di sekolah, masih kurangnya partisipasi aktif orang tua untuk membina dan membiasakan anaknya dalam berdisiplin, faktor lingkungan dan pergaulan yang membawa pengaruh negatif terhadap peserta didik.


Keywords


Manajemen peserta didik, pembinaan kedisiplinan peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Gunawan, Ary. 2010. Administrasi Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Hakim, Tursan. 2001. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.

Imron, Ali. 2016. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, Lexy J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mustari, Muhammad. 2015. Manajemen Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Nurjannah, Laila. Hamid Syukrie ZM, dan Mursini Jahiban. 2018. “Penerapan Tata Tertib Sekolah Dalam Pembinaan Kedisiplinan Siswa.” Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman.http://www.juridiksia m.unram.ac.id/index.php/juridiksiam /article/view/72 Vol: 5 No. 1 (Januari)

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008. Tentang Pembinaan Kesiswaan.

Prihatin, Eka. 2011. Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Tu‟u, Tulus. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Bab I Pasal 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yusuf, Syamsu. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Depok: Rajawali Pers.


Article Metrics

Abstract view : 84 times | PDF view : 14 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Jurusan Administrasi Pendidikan 

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Jl. Tamalate 1 Tidung Makassar, Indonesia

http://ap.fip.unm.ac.id/

has been Indexed and Abstracted by:

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com  Index of /public/site/images/adelina_fitri

 

Dedicated to:

  

This is a website that publishes an open-access article distributed under a Creative Commons License Attribute-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.