IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSI DI SD NEGERI UNGGULAN

Alfina Putri(1*), Sumarlin Mus(2),

(1) 
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jak2p.v2i2.13474

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang Implementasi Program Pendidikan Inklusi di SDN Unggulan Mongisidi 1 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Program Pendidikan Inklusi di SDN Unggulan Mongisidi 1 Makassar Pendekatan Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wali Kelas, dan Guru Pendamping Khusus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman. Hasil penelitian dan kesimpulan menunjukkan bahwa Implementasi Program Pendidikan Inklusi di SDN Unggulan Mongisidi 1 Makassar menunjukkan bahwa: (1) kesiswaan merujuk pada pengaturan siswa dengan melaksanakan kegiatan identifikasi dan asesmen terlebih dulu (2) kurikulum disekolah inklusi diberikan keleluasaan untuk melakukan modifikasi kurikulum terhadap anak berkebutuhan khusus (3) proses pembelajaran meliputu: perencanaan pembelajaran yaitu guru kelas dan guru pendamping khusus tetap melakukan perencanaan pembelajaran dengan menyusun RPP dan silabus berdasarkan hasil identifikasi dan asesmen dengan pengawasan kepala sekolah. Pelaksanaan pembelajaran yaitu proses belajar pembelajaran oleh siswa reguler dan siswa berkebutuhan khusus yang didampingi guru pendamping khusus disatukan dalam satu ruangan untuk menerima pembelajaran. Evaluasi pembelajaran yaitu proses evaluasi dengan memberikan ulangan kepada semua siswa tanpa ada perbedaan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran. (4) tenaga pendidik direkrut dari lulusan jurusan pendidikan luar biasa (PLB) berdasarkan pilihan kepala sekolah dengan persyaratan dan ketentuan sekolah yang berlaku dan memberikan pelatihan pengembangan skill untuk para guru secara bergantian (5) sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran serta kegiatan sekolah telah disediakan oleh sekolah dengan lengkap sesuai dengan kebutuhan (6) sumber daya masyarakat, sekolah mempunyai hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar sehingga masyarakat memberikan dukungan penuh dalam penerapan dan pengembangan program pendidikan inklusi secara terus menerus.

Penelitian ini mengkaji tentang Implementasi Program Pendidikan Inklusi di SDN Unggulan Mongisidi 1 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Program Pendidikan Inklusi di SDN Unggulan Mongisidi 1 Makassar Pendekatan Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wali Kelas, dan Guru Pendamping Khusus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman. Hasil penelitian dan kesimpulan menunjukkan bahwa Implementasi Program Pendidikan Inklusi di SDN Unggulan Mongisidi 1 Makassar menunjukkan bahwa: (1) kesiswaan merujuk pada pengaturan siswa dengan melaksanakan kegiatan identifikasi dan asesmen terlebih dulu (2) kurikulum disekolah inklusi diberikan keleluasaan untuk melakukan modifikasi kurikulum terhadap anak berkebutuhan khusus (3) proses pembelajaran meliputu: perencanaan pembelajaran yaitu guru kelas dan guru pendamping khusus tetap melakukan perencanaan pembelajaran dengan menyusun RPP dan silabus berdasarkan hasil identifikasi dan asesmen dengan pengawasan kepala sekolah. Pelaksanaan pembelajaran yaitu proses belajar pembelajaran oleh siswa reguler dan siswa berkebutuhan khusus yang didampingi guru pendamping khusus disatukan dalam satu ruangan untuk menerima pebelajaran. Evaluasi pembelajaran yaitu proses evaluasi dengan memberikan ulangan kepada semua siswa tanpa ada perbedaan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran. (4) tenaga pendidik direkrut dari lulusan jurusan pendidikan luar biasa (PLB) berdasarkan pilihan kepala sekolah dengan persyaratan dan ketentuan sekolah yang berlaku dan memberikan pelatihan pengembangan skill untuk para guru secara bergantian (5) sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran serta kegiatan sekolah telah disediakan oleh sekolah dengan lengkap sesuai dengan kebutuhan (6) sumber daya masyarakat, sekolah mempunyai hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar sehingga masyarakat memberikan dukungan penuh dalam penerapan dan pengembangan program pendidikan inklusi secara terus menerus.

Keywords


konsep inklusi, manajemen pendidikan inklusi

Full Text:

PDF

References


Kustawan, D. (2012). Pendidikan Inklusif dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luxima.

Maisah. (2013). Manajemen Pendidikan. Ciputat: Gaung Persada Press Group.

Marthan, L. k. (2007). Manajemen Pendidikan Inklusif. Jakarta: DIRJEN DIKTI.

Mustari, M. (2013). Manajemen Pendidikan. Bandung: Arsad Press.

Nimatuzahroh, N. Y. (2016). Pengembangan Model Kelas Inklusi Berbasis Komunitas Tingkat Sekolah Dasar Kota Malang. Malang: Hibah Bersaing Tahun ke II. DIKTI.

Pedoman Penyelenggara Pendidikan Inklusi Direktorat PSLB, 2004.

Permendiknas No. 70 Tahun 2009, tentang Pedoman Implementasi Pendidikan Inklusi

Sururi, N. d. (2009). Manajemen Pendidikan. UPI, Tim Dosen Administrasi Pendidikan.

Tarmansyah. (2007). Penyiapan Tenaga Kependidikan dalam Kerangka Pendidikan Inklusif. Surabaya: Makalah Temu Ilmiah Nasional. asikan Pendidikan Inklusi.


Article Metrics

Abstract view : 219 times | PDF view : 52 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Jurusan Administrasi Pendidikan 

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Jl. Tamalate 1 Tidung Makassar, Indonesia

http://ap.fip.unm.ac.id/

has been Indexed and Abstracted by:

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com  Index of /public/site/images/adelina_fitri

 

Dedicated to:

  

This is a website that publishes an open-access article distributed under a Creative Commons License Attribute-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.