MANAJEMEN PROGRAM ADIWIYATA SEKOLAH DI SD BTN IKIP 1 MAKASSAR
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jak2p.v2i2.11962
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengungkap manajemen program adiwiyata sekolah di SD BTN IKIP I Makassar melalui gambaran Program Adiwiyata dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan program dari masing-masing komponen Adiwiyata yang meliputi; kebijakan sekolah berwawasan lingkungan (visi, misi, tujuan sekolah, peraturan sekolah, RKAS), kurikulum berbasis lingkungan (Pendidikan Lingkungan Hidup), kegiatan lingkungan berbasis partisipatif (kegiatan kerja bakti, daur ulang sampah), dan pengelolaan sarana ramah lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dimaksudkan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih luas dan mendalam terhadap data yang dItemukan dan dihadapi peneliti. Sumber data utama dalam penelitian kualitatif ialah kata-kata dan tindakan, selebihnya adalah data tambahan seperti dokumen dan lain-lainnya. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen program Adiwiyata di SD BTN IKIP 1 Makassar secara umum beberapa komponen telah memenuhi standar yang telah ditentukan seperti sarana ramah lingkungan, visi dan misi sekolah, dan kegiatan pengelolaan lingkungan berbasis partisipatif telah dilaksanakan sesuai pedoman program Adiwiyata. Namun beberapa komponen seperti kebijakan sekolah, RKAS, dan pemeliharaan lingkungan masih perlu untuk ditingkatkan agar semakin membentuk perilaku siswa yang cinta dan peduli akan lingkungan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kristiawan, M., Safitri, D., & Lestari, R. (2017). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish
Maisah. (2013). Manajemen Pendidikan. Ciputat: Gaung Persada Press Group.
Moleong. (2016). Metedologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remeja Rosdakarya Offest.
Mustari, M. (2014). Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Nurul, Z. (2006). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan: Teori-Aplikasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Saefullah, E. K & Tisnawati, S. (2005). Pengantar Manajemen. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sarinah. (2017). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Deepublish.
Sarwoto. (1978). Dasar-Dasar Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Amisco.
Article Metrics
Abstract view : 125 times | PDF view : 34 timesThis work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
Jurusan Administrasi Pendidikan
Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
has been Indexed and Abstracted by:
Dedicated to:
This is a website that publishes an open-access article distributed under a Creative Commons License Attribute-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.