Manajemen Pembelajaran Karakter Siswa di SMA Pesantren Buk'atun Mubarakah Makassar
Sitti Hajar Yusuf
(1*), Wahira Wahira
(2),
(1) 
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI:
https://doi.org/10.26858/jak2p.v2i2.11122
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang manajemen pembelajaran karakter siswa di SMA Pesantren Buq’atun Mubarakah Makassar. Fokus Penelitian adalah pada bagian perencanaan, Pelaksanaan, dan evaluasi atau penilaian pembelajaran karakter pada siswa SMA Pesantren Buq’atun Mubarakah Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, Pelaksanaan, dan evaluasi atau penilaian pembelajaran karakter pada siswa SMA Pesantren Buq’atun Mubarakah Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan subjek penelitian meliputi Kepala sekolah, Wakil Kepala sekolah bidang kurikulum, Guru mata pelajaran PAI dan PKN, dan siswa. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran karakter siswa SMA Pesantren Buq,atun Mubarakah Makassar sudah cukup baik dengan hasil sebagai berikut. 1) Perencanaan pembelajaran karakter dengan menggunakan silabus dan RPP berkarakter pada setiap mata pelajaran. Di dalam silabus dan RPP telah dipoinkan secara khusus pada KI-1 dan KI-2 yang menekankan pada pembentukan karakter siswa khususnya karakter religius, toleransi, disiplin, kreatif, mandiri, dan tanggung jawab. 2) Pelaksanaan pembelajaran karakter religius, toleransi, disiplin, kreatif, mandiri, dan tanggung jawab dalam proses pembelajaran di kelas dengan menyelipkannya pada setiap materi pelajaran berdasarkan pada silabus dan RPP yang telah dibuat sebelumnya. 3) Evaluasi pembelajaran karakter menggunakan instrumen penilaian spiritual dan instrumen penilaian sikap. Penilaian spiritual siswa diambil dengan melihat bagaimana pelaksanaan ibadah siswa kepada tuhan dan keyakinan terhadap agama yang dianutnya, sedangkan penilaian sikap diambil dengan observasi guru ketika materi pelajaran berlangsung.
Keywords
Manajemen Pembelajaran Karakter, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi
References
Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Yrama Widya
Matthew Miles, Michael Huberman, Johnny Saldana. 2014. Qualitative Data Analisis A Methods. Sourcebook-sage.pdf. h. 14
Marzuki, 2017. Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Sinar Grafika offset.
Mutohar, Prim Masrokan, 2013. Manajemen Mutu Sekolah: Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam, Jogjakarta: Ar-RuzzMedia
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 tentang SistemPendidikan Nasional. Jakarta: CV. Eka Jaya
Article Metrics
Abstract
view : 93 times |
PDF view :
19 times
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
Jurusan Administrasi Pendidikan
Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Jl. Tamalate 1 Tidung Makassar, Indonesia
http://ap.fip.unm.ac.id/
has been Indexed and Abstracted by:
Dedicated to:
This is a website that publishes an open-access article distributed under a Creative Commons License Attribute-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.