Manajemen Pembelajaran Karakter Siswa di SMA Pesantren Buk'atun Mubarakah Makassar

Sitti Hajar Yusuf(1*), Wahira Wahira(2),

(1) 
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jak2p.v2i2.11122

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang manajemen pembelajaran karakter siswa di SMA Pesantren Buq’atun Mubarakah Makassar. Fokus Penelitian adalah pada bagian perencanaan, Pelaksanaan, dan evaluasi atau penilaian pembelajaran karakter pada siswa SMA Pesantren Buq’atun Mubarakah Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, Pelaksanaan, dan evaluasi atau penilaian pembelajaran karakter pada siswa  SMA Pesantren Buq’atun Mubarakah Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan subjek penelitian meliputi Kepala sekolah, Wakil Kepala sekolah bidang kurikulum, Guru mata pelajaran PAI dan PKN, dan siswa. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen  pembelajaran karakter siswa SMA Pesantren Buq,atun Mubarakah Makassar sudah cukup baik dengan hasil sebagai berikut. 1) Perencanaan pembelajaran karakter dengan menggunakan silabus dan RPP berkarakter pada setiap mata pelajaran.  Di dalam silabus dan RPP telah dipoinkan secara khusus pada KI-1 dan KI-2 yang menekankan pada pembentukan karakter siswa khususnya karakter religius, toleransi, disiplin, kreatif, mandiri, dan tanggung jawab. 2) Pelaksanaan pembelajaran karakter religius, toleransi, disiplin, kreatif, mandiri, dan tanggung jawab dalam proses pembelajaran di kelas dengan menyelipkannya pada setiap materi pelajaran berdasarkan pada silabus dan RPP yang telah dibuat sebelumnya. 3) Evaluasi pembelajaran karakter menggunakan instrumen penilaian spiritual dan instrumen penilaian sikap. Penilaian spiritual siswa diambil dengan melihat bagaimana pelaksanaan ibadah siswa kepada tuhan dan keyakinan terhadap agama yang dianutnya, sedangkan penilaian sikap diambil dengan observasi guru ketika materi pelajaran berlangsung.

Keywords


Manajemen Pembelajaran Karakter, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi

Full Text:

PDF

References


Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Yrama Widya

Matthew Miles, Michael Huberman, Johnny Saldana. 2014. Qualitative Data Analisis A Methods. Sourcebook-sage.pdf. h. 14

Marzuki, 2017. Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Sinar Grafika offset.

Mutohar, Prim Masrokan, 2013. Manajemen Mutu Sekolah: Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam, Jogjakarta: Ar-RuzzMedia

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 tentang SistemPendidikan Nasional. Jakarta: CV. Eka Jaya


Article Metrics

Abstract view : 93 times | PDF view : 19 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Jurusan Administrasi Pendidikan 

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Jl. Tamalate 1 Tidung Makassar, Indonesia

http://ap.fip.unm.ac.id/

has been Indexed and Abstracted by:

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com  Index of /public/site/images/adelina_fitri

 

Dedicated to:

  

This is a website that publishes an open-access article distributed under a Creative Commons License Attribute-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.