MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI SMP NEGERI
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jak2p.v1i2.10193
Abstract
Abstrak : Penelitian ini mengkaji tentang manajemen sarana dan prasarana di SMP Negeri 2 Makale Kabupaten Tana Toraja. Fokus penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah manajemen sarana dan prasarana di SMP Negeri 2 Makale Kabupaten Tana Toraja ? (2) Apa faktor pendukung manajemen sarana dan prasarana di SMP Negeri 2 Makale Kabupaten Tana Toraja ? (3) Apa faktor penghambat manajemen sarana dan prasarana di SMP Negeri 2 Makale Kabupaten Tana Toraja?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) Manajemen sarana dan prasarana di SMP Negeri 2 Makale Kabupaten Tana Toraja (2) Faktor pendukung manajemen sarana dan prasarana di SMP Negeri 2 Makale Kabupaten Tana Toraja dan (3) Faktor penghambat manajemen sarana dan prasarana di SMP Negeri 2 Makale Kabupaten Tana Toraja. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana, bendahara, 2 orang guru dan 2 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Manajemen sarana dan prasarana di SMP Negeri 2 Makale Kabupaten Tana Toraja meliputi : perencanaan, pengadaan, penyaluran, inventarisasi, pemeliharaan, penggunaan, penyimpanan, dan penghapusan 2) Faktor pendukung manajemen sarana dan prasarana di SMP Negeri 2 Makale Kabupaten Tana Toraja yaitu dana/ biaya dan adanya tim khusus sarana dan prasarana (3) Faktor penghambat manajemen sarana dan prasarana di SMP Negeri 2 Makale Kabupaten Tana Toraja yaitu dana yang ada masih terbatas, masih kekurangan beberapa ruang seperti ruang kelas dan aula.
Kata kunci : Manajemen, Sarana dan Prasarana
Abstract: This reaearch examines about the facilities and infrastructure of management at SMP Negeri 2 Makale, Tana Toraja Regency. The focus of this research are (1) How is the management of facilities and infrastructure at SMP Negeri 2 Makale, Tana Toraja Regency? (2) What are the supporting factors for the management of facilities and infrastructure at SMP Negeri 2 Makale, Tana Toraja Regency? (3) What are the factors inhibiting the management of facilities and infrastructure at SMP Negeri 2 Makale, Tana Toraja Regency? The purpose of this study is to determine (1) The Management of facilities and infrastructure at SMP Negeri 2 Makale Tana Toraja Regency (2) The Supporting factors for infrastructure management at SMP Negeri 2 Makale Tana Toraja Regency and (3)The inhibiting factors management of facilities and infrastructure at SMP Negeri 2 Makale, Tana Toraja Regency. The approach used in this research is descriptive qualitative approach. Sources of the data in this study are the principal, vice principal in the field of facilities and infrastructure, treasurer, 2 teachers and 2 students. The Data collection techniques through interviews, observation and documentation. the Data analysis techniques through data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this study indicate that: (1) The Management of facilities and infrastructure at SMP Negeri 2 Makale, Tana Toraja Regency includes: planning, procurement, distribution, inventory, maintenance, use, storage and deletion. 2) The Supporting factors for facilities and infrastructure management at SMP Negeri 2 Makale of Tana Toraja Regency, namely funds / costs and the existence of a special team of facilities and infrastructure (3) The Factors that inhibit the management of facilities and infrastructure at SMP Negeri 2 Makale, Tana Toraja Regency, namely the available funds are still limited, still lacking some space such as classrooms and halls.
Keywords: Management, Facilities and Infrastructure.Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Ed.Rev. Yogyakarta: Rineka Cipta
Bafadal, Ibrahim. 2014. Seri Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah, Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Barnawi & M. Arifin. 2014. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah.Yogyakarta: Ruzz Media
Depdikbud. 2010. Pedoman Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah. Jakarta: Depdikbud
Depdiknas. 2008. Administrasi dan Pengelolaan Sekolah. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal PMPTK, Depdiknas
Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Manajemen Sarana danPrasarana Pendidikan Persekolahan Berbasis Sekolah. Jakarta
Engkoswara & Aan Komariah. 2011. Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Herawan, Endang & Sukarti Nasihin. 2001. Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Pengantar Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Tim Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan, UPI
Jannah, Miftakhul. 2010. Optimalisasi Manjemen Sarana dan Prasarna dalam meningkatkan Mutu Pembelajaran. Semarang: Fakultas Tarbiyah
Manullang, M. 2006. Dasar-dasar Manajemen. Medan: Ghalia Indonesia
Matin & Nurhattati Fuad. 2016. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007 Tanggal 28 Juni 2007 Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah (SD/ MI), Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah (SMP/ MTs), dan sekolah menengah atas/ madrasah aliyah (SMA/ MA)
Rohiat. 2008. Manajemen Sekolah: Teori Dasar dan Praktik. Bandung: Refika Aditama
Sobri. 2009. Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Multi Pressindo
Suryosubroto, B. 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Usman, Husaini. 2013. Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Article Metrics
Abstract view : 387 times | PDF view : 67 timesPublished by:
Jurusan Administrasi Pendidikan
Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
has been Indexed and Abstracted by:
Dedicated to:
This is a website that publishes an open-access article distributed under a Creative Commons License Attribute-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.