Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Kepada Guru Di SMA Negeri 4 Pangkep
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jak2p.v1i2.10168
Abstract
Penelitian ini menelaah peran kepala sekolah sebagai inovator dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) kepada guru di SMA negeri 4 Pangkep. Masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimanakah peran kepala sekolah sebagai inovator dalam PKB kepada guru?, 2. Apakah peran kepala sekolah sebagai inovator dalam PKB dapat meningkatkan profesionalisme guru?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai inovator dalam PKB, dan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai inovator dalam PKB dapat meningkatkan profesionalisme guru. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah para tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di SMAN 4 Pangkep. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan kesimpulan menunjukkan bahwa peran kepala sekolah sebagai inovator dalam PKB kepada guru di SMAN 4 Pangkep telah cukup maksimal dan dapat meningkatkan profesionalisme guru, dilihat dari guru-guru di SMAN 4 Pangkep, yang pada umumnya guru sudah memahami tentang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, mereka melaksanakan unsur Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam hal pengembangan diri, yaitu mengikuti pelatihan pendidikan, workshop, KKG dalam pembuatan soal semester.Sedangkan dalam hal unsur publikasi ilmiah, guru-guru yang sudah mempunyai golongan IV a, baru sekitar 2 orang yang sementara membuat penelitian Tindak Kelas untuk keperluan kenaikan pangkat. Dalam hal karya inovatif guru belum melaksanakan karya seni sederhana, dan temuan alat peraga.
Kata Kunci: Kepala Sekolah Sebagai Inovator, PKB Guru
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abin Syamsuddin. (2009 (Edisi Oktober)). Psikologi Kependidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Asrori. (2012). Psikologi Remaja. Jakarta: Bumi Aksara.
Aqib, Zainal 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran (Inovatif) Bandung : Yrama Widya
Bambang Wahyudi, 2012, Manajemen Sumber Daya Manusia. Sulita, Bandung.
Lafley, A.G and R. Charan. (2008). The Game Changer. How you can drive revenue and profit growth with innovation. New York: Crown Busness
Miles,M.B, Huberman, A.M, dan Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourebook, Edition 3, USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
Mulyasa, 2007. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, 2013, Pengembangan dan implementasi pemikiran kurikulum, Bandung : Rosdakarya.
Pendidik Dan Tenaga Kependidikan, K. P. (2010). Buku 1 Pembinaan Dan Pengembangan Profesi Guru.
Siagian, Sondang P,2003. Teori dan Praktek Kepemimpinan. PT Rineka Cipta. Jakarta
Sudarwan Danim. 2017. Inovasi Pendidikan : Dalam Upaya Meningkatkan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung : Pustaka Setia.
Suhartono, Suparlan, 2009. Filsafat Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005. Retrieved from luk.staff.ugm.ac.id.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Pasal 1 Ayat 5. Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2009. Pasal 1 Sistem pendidikan nasional.
Wahjosumidjo. (2005). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Rajagrafindo.
Article Metrics
Abstract view : 698 times | PDF view : 172 timesPublished by:
Jurusan Administrasi Pendidikan
Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
has been Indexed and Abstracted by:
Dedicated to:
This is a website that publishes an open-access article distributed under a Creative Commons License Attribute-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.