PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR ISLAM

Wulan Wardani(1*), Faridah Faridah(2),

(1) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jak2p.v2i2.10149

Abstract


Abstrak: Permasalahan dalam penelitian ini adalah  mengkaji tentang Budaya Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Biruni Makassar. Fokus penelitian ini adalah : (1) bagaimanakah gambaran budaya sekolah di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Biruni Makassar, (2) bagaimana cara penerapan  budaya sekolah dalam membentuk karakter siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al- Biruni Makassar. Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui gambaran budaya sekolah di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Biruni Makassar. (2) untuk mengetahui cara penerapan budaya sekolah tersebut dalam pembentukan karakter siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Biruni Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) budaya sekolah yang diterapkan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Biruni Makassar, yaitu nilai islami, kepemimpinan, budaya antri, budaya saling menyapa, budaya saling menghormati, budaya berbicara sopan, dan budaya jujur. (2) penerapan budaya sekolah tersebut dilakukan melalui pembiasaan - pembiasan kegiatan sekolah yaitu kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler serta kegiatan penunjang pembentukan karakter melalui budaya sekolah yaitu kegiatan outboand dan market day. (3) karakter yang dikembangkan pada budaya sekolah, yaitu kemandirian, kejujuran, percaya diri, disiplin, kreatif, bertanggung jawab, mengakui kesalahan, dan kepemimpinan yang dilihat dari bagaimana siswa menjalankan amanah dengan jujur, adil, dan bisa mengarahkan teman-temannya.

 

Abstract: The problem in this study is to examine the School Culture in Forming the Character of Students in the Al-Biruni Makassar Integrated Islamic Elementary School. The focus of this study are: (1) how is the picture of school culture in the Al-Biruni Makassar Integrated Islamic Elementary School, and (2) how to implement school culture in shaping the character of students in the Al-Biruni Makassar Integrated Islamic Elementary School.  The approach used in this research is a qualitative descriptive approach. The data sources in this study are the headmaster, teachers, and students. Data collection techniques through interviews, observation, and documentation. The results of this study indicate that: (1) school culture implemented in the Al-Biruni Makassar Integrated Islamic Elementary School, namely Islamic values, leadership, queuing culture, greeting culture, mutual respect culture, polite speaking culture, and honest culture. (2) the application of the school culture is carried out through habituation - refraction of school activities, namely extracurricular activities, extracurricular activities, and supporting activities for character building through school culture, namely outbound activities and market days. (3) the characteristics developed in school culture, namely independence, honesty, self-confidence, discipline, creativity, responsible, admitting mistakes, and leadership as seen in how students carry out the mandate honestly, fairly, and can direct their friends.


Keywords


Budaya Sekolah, Pembentukan Karakter, school culture, character building

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Daryanto. (2015). pengelolaan budaya dan iklim sekolah. yogyakarta: gava media.

Lickona, T. (2012). Character Matters. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nasional, K. P. (2010). Pedoman Sekolah Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter . (t.thn.).

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (t.thn.).


Article Metrics

Abstract view : 314 times | PDF view : 63 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Jurusan Administrasi Pendidikan 

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Jl. Tamalate 1 Tidung Makassar, Indonesia

http://ap.fip.unm.ac.id/

has been Indexed and Abstracted by:

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com  Index of /public/site/images/adelina_fitri

 

Dedicated to:

  

This is a website that publishes an open-access article distributed under a Creative Commons License Attribute-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.