PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN IMAJINATIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGARANG BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LAGU PADA SISWA KELAS V SDN MI DDI PALOPO

Fatimah Yasmin(1*), Erni Erni(2),

(1) Universitas Cokroaminoto Palopo
(2) Universitas Cokroaminoto Palopo
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijes.v20i1.4422

Abstract


Penelitian   ini   adalah   penelitian tindakan kelas. Tujuan jangka panjang yang diharapkan dari penelitian ini adalah melalui model pembelajaran imajinatif akan mampu meningkatkan hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik dan kreativitas  siswa.  Target      khusus      penelitian    ini  adalah  (1)  seberapa jauh kemampuan mengarang siswa dengan diterapkannya model pembelajaran imajinatif   (2) bagaimana pengaruh metode pembelajaran imajinatif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa SDN Kota Palopo. Adapun tehnik pengumpulan data dilakukan dengan tekhnik pengamatan/ Observasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis diskriptif komparatif dengan membandingkan nilai tes antara siklus dan indikator kinerja. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengidentifikasi perkembangan dan perubahan subjek setelah subjek diberikan diberlakukan khusus atau dikondisikan pada situasi tertentu, dengan pembelajaran tindakan dalam kurun waktu tertentu dan berulangulang sampai program dinyatakan berhasil. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa SDN Kota Palopo. Tahap pengumpulan data yaitu pemberian tes hasil belajar dan angket respons siswa. Data yang telah dikumpulkan   dianalisis secara   kualitatif,   kuantitatif,   analisis statistika deskriptif, dan analisis statistika inferensial.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 577 times | PDF view : 710 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Pendidikan Insani



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.