MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATA KULIAH BIOLOGI DASAR

Nurhayati Nurhayati(1*), Oslan Jumadi(2), Faisal Faisal(3),

(1) UNM
(2) UNM
(3) UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijes.v19i1.2686

Abstract


Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajara Inkuiri Terbimbing pada Mata Kuliah Biologi Dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick and Carey untuk menghasilkan perangkat pembelajaran mata kuliah biologi dasar dengan pendekatan pembelajaran inkuri terbimbing. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan pada mahasiswa peserta mata kuliah Biologi Dasar tahun akademik 2015/ 2016, dengan tujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing, dan memperoleh data empiris mengenai keunggulan pembelajaran inkuiri terbimbing dalam memberdayakan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran yang dihasilkan, yaitu satuan acara perkuliahan (SAP), lembar kerja mahasiswa (LKM), dan media pembelajaran mendapat kategori valid. Mahasiswa juga memberikan respon yang baik terhadap pelaksanaan pembelajaran, serta penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing terbukti dapat memberdayakan kemampuan berpikir kritis mahasiswa.
Kata kunci: Berpikir kritis, inkuiri terbimbing


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 330 times | PDF view : 268 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Pendidikan Insani



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.