WUJUD KESANTUNAN BERBAHASA MAHASISWA DALAM WACANA AKADEMIK

Muhammad Saleh(1*), Baharman Baharman(2),

(1) UNM
(2) UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijes.v19i1.2685

Abstract


Wujud Kesantunan Berbahasa Mahasiswa dalam Wacana Akademik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesantunan berbahasa mahasiswa dalam wacana akademik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan ancangan teori etnografi komunikasi, teori tindak tutur, dan teori kesantunan berbahasa. Data penelitian terdiri atas data tuturan dan catatan lapangan. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik perekaman, observasi, wawancara, dan transkripsi. Analisis data dilakukan melalui empat prosedur utama, yakni: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan/verifikasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesantunan mahasiswa direpresentasikan melalui penggunaan diksi, meliputi (1) penamaan diri, (2) penggunaan kata ganti, dan (3) penggunaan gelar. dan penggunaan tuturan, meliputi: (a) tuturan bermodus deklaratif, (b) tuturan bermodus imperatif, dan (c) tuturan bermodus interogatif.
Kata kunci: etnografi komunikasi, kesantunan berbahasa, wacana akademik


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 537 times | PDF view : 371 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Pendidikan Insani



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.