PENINGKATAN KETERAMPILAN BERHITUNG ANAK USIA TAMAN KANAK-KANAK MELALUI DEMONSTRASI DENGAN MEDIA GAMBAR

Muhammad Akil Musi(1*),

(1) UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijes.v19i1.2684

Abstract


Peningkatan Keterampilan Berhitung Anak Usia Taman Kanak-kanak Melalui Demonstrasi dengan Media Gambar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan menghitung anak usia taman kanak-kanak melalui melalui demonstrasi dengan menggunakan media gambar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah murid TK Teratai UNM. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) observasi, (2) wawancara, (3) studi dokumentasi, dan (4) catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif yang dilakukan melalui tiga tahapan mulai dari reduksi data, beberan (display) data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada keterampilan berhitung anak TK Teratai UNM setelah diterapkannya metode demonstrasi dengan media manipulatif. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan anak dalam penjumlahan dan pengurangan.
Kata kunci: keterampilan berhitung, metode demonstrasi dan media manipulatif


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 450 times | PDF view : 506 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Pendidikan Insani



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.