Pelatihan Penggunaan Aplikasi Google Sebagai Media Penunjang Pembelajaran Bagi Guru Sman 4 Bantaeng

Ibandong Ibandong(1), Reski Febyanti Rauf(2*), Andi Alamsyah Rivai(3), Khaidir Rahman(4), Andi Muhammad Rivai(5),

(1) Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/iptek.v3i3.63307

Abstract


Abstrak. Pelatihan di SMAN 4 Bantaeng didasari oleh proses pembelajaran daring yang belum terlaksana secara optimal disebabkan oleh kurangnya keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran maupun aplikasi digital yang mendukung proses pembelajaran daring. Selain itu, adanya kemauan dari guru belum mampu memaksimalkan proses belajar karena perlunya pendampingan langsung. Oleh karena itu, guru sangat membutuhkan pelatihan dan pendampingan khususnya dalam penggunaan aplikasi sebagai media penunjang proses pembelajaran. Adapun tahapan kegiatan meliputi pelaksanaan observasi dan pemetaan awal, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, pengisian instrumen pre-test post-test, dan dokumentasi dengan metode analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif, termasuk analisis statitstik menggunakan aplikasi SPSS. Kegiatan pelatihan berjalan dengan lancar dan efektif untuk meningkatkan pemahaman peserta. Pendampingan yang dilakukan selama pelatihan dapat membantu peserta dalam menggunakan aplikasi Google secara optimal.   

 

Kata kunci: Aplikasi Google, Media Penunjang, Pembelajaran Daring, Pendampingan


Full Text:

PDF

References


Ardhi, M.R., Z. Sesmiarni. 2022. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ SMKN 3 Padangsidimpuan Sumatera Utara. IRJE: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1):232-237.

Dikesuma, H., R. Yanto, Ahmadi, M. Triawan. 2023. Pelatihan Google Apps dan Kahoot sebagai Media Pembelajaran dan Evaluasi bagi Guru Sekolah Dasar. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1):431-437.

Hake, R, R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores. AREA-D American Education Research Association’s Devision. D, Measurement and Reasearch Methodology. Dept. of Physics, Indiana University, USA.

Hilmi, M., N. Hasaniyah. 2023. Penerapan Media Pembelajaran Digital dalam Pengajaran Bahasa Arab. International Conference on Islamic Civilization and Humanities (ICONTIES), July 27th, 2023. Faculty of Arab and Humanities, Universitas Sunan Ampel Surabaya, Indonesia.

Ibandong, R.F. Rauf, Mantasiah R., A.A. Rivai, A.M. Rivai. 2023. Program Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Visual Digital pada Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Bacukiki Barat. Jurnal Dedikasi, 25(1):29-33.

Irani, N.K.C.P. 2022. Pemanfaatan Google Workspace for Education bagi Guru dalam Pembelajaran. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 2(3):160-174.

Lestari, I.D. 2021. Pemanfaatan Aplikasi Google sebagai Media Pembelajaran pada Mata Kuliah Pancasila. SAP: Susunan Artikel Pendidikan, 6(1):112-117.

Muksa, V.R., D.M. Citraningrum, A.M. Susetyo, A.W. Anggraeni. 2023. Pemanfaatan Google Classroom sebagai Media Penunjang Pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Rogojampi. DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasan dan Sastra Indonesia, 5(2):195-208.

Mustofa, M.I., D. Andriani, S.A. Rofiqah, Effendi. 2022. Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Google Classroom dan Google Meet dalam Pembelajaran Era Pandemi Covid-19. JPMTT: Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Terbarukan, 2(1):31-37.

Pratama, R., M. Alamsyah, S.M. Ferry, G. Marhento, Jupriadi. 2023. Pemanfaatan Google Site sebagai Media Pembelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional Sains, SINASIS, 4(1):12-15.

Rafael, A.M.D., J. Enstein. 2022. Pemanfaatan Google Jamboard sebagai Media Pembelajaran Bahasa di Kelas Rendah Sekolah Dasar. JUKANTI: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5(1):181-187.

Rauf, R.F., Ibandong, Mantasiah R, A.A. Rivai. 2022. Pelatihan Media Pembelajaran Online Bagi Guru SMP Kemala Bhayangkari Makassar. Jurnal Dedikasi, 24(2), 152-158.

Risyawal, R., A.H. Nasution, M. Asra. 2023. Efektivitas Pemanfaatan Aplikasi Google Form sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Modern pada Mata Pelajaran Agama di MAN 1 Kolaka. Jurnal Kolaboratif Sains, 6(8):1087-1093.

Rivai, A.A., Mantasiah R., R.F. Rauf, A.M. Rivai. 2021. Pelatihan Pengembangan Variasi Model-Model Pembelajaran Bagi Guru-Guru di Sulawesi Selatan. Jurnal Dedikasi, 23(1):16-21.

Sari, W.S., B. Ismanto, T.N.B. Santoso. 2022. Pengembangan Panduan Transformasi Administrasi Pembelajaran Berbasis Digital melalui Google Aplikasi. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 9(2):41-60.

Salsabila, U.H., C.L. Arafah, M. Aziza, R.N. Primaningrum, H.Z. Alfathuri. 2024. Pemanfaatan Fitur Kolaboratif Google Docs dalam Diskusi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(1):272-282.

Setiahati, I.P., R. Triayomi, Sukarman, S.S. Wibagso. 2022. Pemanfaatan Google Apps for Ecation (GAFE) sebagai Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3):5416-5422.

Winda, R., F. Dafit. 2021. Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(2):211-221.


Article Metrics

Abstract view : 17 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.