Kesadaran Lingkungan dan Praktik Berkelanjutan: Implementasi Program 3R di Lingkungan Sekolah

Erma Suryani Sahabuddin(1*), Nur Abidah Idrus(2), Nurpidasari Nurpidasari(3), Nurqalbi Nurqalbi(4), Nursaadah Darman(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/iptek.v3i3.63120

Abstract


Program ini menguraikan implementasi dan evaluasi program "Melangkah Menuju Sekolah Ramah Lingkungan: Implementasi Prinsip 3R" di sebuah sekolah menengah untuk memperkuat kesadaran lingkungan dan mengurangi dampak lingkungan negatif. Program ini didasarkan pada prinsip 3R, yaitu Reduce (pengurangan limbah), Reuse (penggunaan ulang), dan Recycle (pengolahan limbah). Langkah-langkah program mencakup edukasi siswa tentang prinsip 3R, identifikasi dan pengurangan sumber limbah di sekolah, mendirikan pusat pengumpulan barang bekas yang masih layak untuk digunakan kembali, serta pengelolaan tempat pembuangan sampah terpisah untuk material yang dapat didaur ulang.  Melalui implementasi program 3R di SDN KIP V Bara-baraya, terjadi peningkatan signifikan dalam partisipasi siswa, guru, dan staf sekolah serta efektivitas pengelolaan limbah. Tingkat partisipasi siswa mencapai 85%, sementara partisipasi guru dan staf mencapai 90%, menunjukkan keterlibatan aktif mereka dalam kegiatan pengurangan limbah. Program ini juga berhasil mengurangi jumlah limbah sebesar 30% setiap bulannya dan mendaur ulang sekitar 40% dari limbah yang dihasilkan. Keberhasilan ini menegaskan bahwa program 3R tidak hanya memperkuat kesadaran lingkungan tetapi juga mendorong tindakan nyata dalam mendukung praktik berkelanjutan di sekolah. Kesuksesan program ini menjadi inspirasi bagi sekolah lain untuk mengadopsi praktik serupa, berkontribusi signifikan dalam upaya global menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan berkelanjutan.

 

Kata Kunci: Sekolah ramah lingkungan, prinsip 3R, kesadaran lingkungan, praktik  berkelanjutan, Ekoenzim


Full Text:

PDF

References


Ayuningtyas, R. A. (2019). Penerapan Prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Dalam Pengelolaan Sampah Di Restoran Cepat Saji Kfc Yogyakarta Dalam Era Go-Food (Studi Kasus Restoran Cepat Saji KFC Sudirman). Penerapan Prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dalam Pengelolaan Sampah di Restoran Cepat Saji KFC Yogyakarta dalam Era Go-Food (Studi Kasus Restoran Cepat Saji Kfc Sudirman), ii, 11p, 1–11.

Cahyaningtyas, T. I., Kusumawati, N., & Laksana, I. M. S. D. (2022). Pendidikan lingkungan hidup SD berbasis PJBL. CV. AE Media Grafika.

Dedu, M., Purnomo, S. C., Seran, V. L., Vinda, M., Jihanto, N., Listiyanto, Z., Dhamayanti, K. I., Yuniwati, M., & Setyaningsih, E. (2023). Peningkatan Ekonomi Sirkular melalui Pelatihan Pembuatan Ekoenzim dan Produk Turunan Ekoenzim di Kelurahan Klitren Daerah Istimewa Yogyakarta. Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.54082/ijpm.240

Husti, I. (2022). Pendidikan Formal, Non Formal dan Informal dalam Desain Hadits Tarbawi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(2), 485–492.

Koosbandiah Surtikanti, H., Diah Kusumawaty, Yayan Sanjaya, Kusdianti, Didik Priyandoko, Try Kurniawan, Kartika, & Eliya Mei Sisri. (2021). Memasyarakatkan Ekoenzim Berbahan Dasar Limbah Organik untuk Peningkatan Kesadaran dalam Menjaga Lingkungan. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 3(3), 110–118. https://doi.org/10.36312/sasambo.v3i3.532

Nugroho, A., Silalahi, A. N., & Azzahra, A. (2023). Pengelolaan Sampah Rumah Tangga, Pembuatan Pupuk Kompos dan Kerajinan Tangan dari Limbah Plastik. Uwais Inspirasi Indonesia.

Putra, E. D. (2021). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa Peduli Terhadap Lingkungan Pada Sekolah Adiwiyata di SD. Mimbar Ilmu, 26(3), 346–354.

Sartono, A. D. (2022). Potensi Implementasi Ekonomi Sirkular dalam Mengelola Sampah Plastik di Kabupaten Bogor. Journal of Syntax Literate, 7(3). https://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&profile=ehost&scope=site&authtype=crawler&jrnl=25410849&AN=156379952&h=1lJqSaBlmZbykfqbIL65DE%2BAUo%2F5JIpSvYlJ9sCKm00Bi%2By5NQfw7URNMfb8cKg0K0lVNO2j2tcLl61z%2BzMnZw%3D%3D&crl=c

Simatupang, M. M., Veronica, E., & Irfandi, A. (2021). Edukasi Pengelolaan Sampah: Pemilahan Sampah dan 3R di SDN Pondok Cina Depok. Seminar Nasional & Call Of Papers Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1(01). https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/SEMNASLPPM/article/view/81

Taherdoost, H. (2018). Validity and Reliability of the Research Instrument; How to Test the Validation of a Questionnaire/Survey in a Research. SSRN Electronic Journal, January 2016. https://doi.org/10.2139/ssrn.3205040

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2019). Implementasi pendidikan kebencanaan di Indonesia (sebuah studi pustaka tentang problematika dan solusinya). Lectura: Jurnal Pendidikan, 10(2), 136–154.

Tikho, A. E., & Gunansyah, G. (2021). Studi analisis: Implementasi program adiwiyata di sekolah dasar. Jpgsd, 9(09), 3384–3398.

Yuliono, A., Warsidah, W., Sofiana, M. S. J., Nurdiansyah, S. I., Safitri, I., Pamela, P., & Rizalinda, R. (2023). Pelatihan dan Sosialisasi Fermentasi Limbah Kulit Buah Nanas menjadi Eco-enzyme sebagai Implementasi dari Slogan “Reuse, Reduce dan Recycle (R3).” Journal of Community Engagement in Health. https://doi.org/10.30994/jceh.v6i1.431

Yusmaniarti, Y., Husaini, H., Duffin, D., & Ibrahim, A. (2024). Pelatihan Vokasi Pengelolaan Sampah dan Manajemen Bank Sampah di KPP “Bahari Jaya.” Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS, 2(2), 693–703.


Article Metrics

Abstract view : 19 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.