Efektivitas Psikoedukasi Pengenalan Hak dan Perlindungan Anak Sebagai Upaya Pencegahan Bullying di Tingkat Komunitas pada Murid Sekolah Anak Percaya Diri Kota Makassar

Eka Sufartianinsih Jafar(1*), Fadlila Azzahra(2), Nur Awalia(3), Zalzabila Maharani Supriadi(4), Sri Bulan(5), Nabila Nurul Fiqri(6),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/iptek.v3i3.63118

Abstract


Abstrak. Sekolah Anak Percaya Diri merupakan sekolah binaan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak yang menjadi wadah pembelajaran bagi anak-anak korban kekerasan. Confident Children's School telah membantu ratusan anak korban kekerasan dengan memulihkan trauma sekaligus menumbuhkan rasa percaya diri. Mereka diberikan psikoedukasi dengan tema “Pengenalan Hak dan Perlindungan Anak serta “Pencegahan Bullying di Tingkat Masyarakat” yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mereka mengenai hak-hak anak dan perlindungan anak dengan tujuan untuk mengurangi pelanggaran hak-hak anak dan pemahaman tentang bullying pada anak. guna mengembangkan sikap menghargai, menghargai dan melindungi satu sama lain. Metode quasi eksperimen dengan pendekatan one-group pretest-posttest design digunakan dalam pendekatan pencegahan bullying serta hak dan perlindungan anak, hal ini terlihat dari hasil post test mereka.

 

Kata Kunci:  Psikoedukasi, Perundungan, Komunitas.


Full Text:

PDF

References


Agisyaputri, E., Nadhirah, N., & Saripah, I. (2023). Identifikasi fenomena perilaku bullying pada remaja. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 3(1), 19-30.

Antiri, K. O. (2016). Types of bullying in the senior high schools in ghana. Journal of Education and Practice, 7, 131-138.

Hidayati, D. S. (2023). Pengembangan skala bullying. Jurnal Psikohumanika, 15(2), 111-127.

Keysinaya, E. Y. (2022). Peran UNICEF indonesia menangani perundungan di sekolah melalui program roots. Sospol: Jurnal Sosial Politik, 8(2), 207-224.

Lee, C. (2004). Preventing bullying in schools: A guide for teachers and other professionals. London: Paul Chapman Publishing.

Olweus, D. (1993). Bullying at school: what we know and what we can do. Oxford. UK: Blackwell Publishers.

Sejiwa, A. (2008). Mengatasi kekerasan dari sekolah dan lingkungan sekitar anak. Jakarta: PT Grasindo.

Srivastava, P. (2017). Psychoeducation an effective tool as treatment modality in mental health. The International Journal of Indian Psychology, 4(1), 123-130.

Tabroni, T., Jundi, R., Nurfaathir, A. R., Agustian, R., Mulyati, M., & Rahayu, R. Q. (2023). Memupuk sikap saling menghargi melalui penyuluhan anti bullying di sdn gunung sumbul kecamatan ciomas kabupaten serang. Indonesian Collaboration Journal of Community Services, 3(3), 263-271.

Wiyani, N., A. (2014). Save our children from school bullying. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

William, W., & Hita. H. (2019). Mengukur tingkat pemahaman pelatihan powerpoint menggunakan quasi-experiment one-group pretest-posttest. Jurnal SIFO Mikroskil, 20(1), 71-80.


Article Metrics

Abstract view : 24 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.