Pelatihan Motivasi Menjadi Pelajar Berakhlak dan Berprestasi dalam Meraih Masa Depan melalui Motivational Interviewing

Akhmad Harum(1*), Suciani Latif(2), Abdullah Sinring(3), Zulfitrah Zulfitrah(4), A. Sri Wahyuni Asti(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/iptek.v3i3.63117

Abstract


 

Abstrak. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada siswa MAN IC Sorong dengan fokus pada pengembangan karakter berakhlak dan prestasi akademis. Menggunakan pendekatan Motivational Interviewing (MI), kegiatan ini dirancang untuk meningkatkan motivasi intrinsik siswa, memperkuat nilai-nilai moral, dan memberikan panduan bagi mereka dalam mencapai masa depan yang sukses. Pelatihan dilaksanakan dengan melibatkan siswa-siswa MAN IC Sorong dalam sesi-sesi MI yang dirancang khusus untuk menangani aspek motivasi dan akhlak. Metode ini memberikan ruang bagi siswa untuk merenung, merencanakan, dan mengaktifkan sumber daya internal mereka sendiri. Sesi-sesi tersebut juga bertujuan untuk membimbing siswa dalam menghadapi tantangan akademis dan kehidupan sehari-hari dengan sikap positif dan berakhlak baik.Pelatihan di lakukan dilaksanakan melalui Luring dengan metode seminar dan workshop di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Sorong Provinsi Papua Barat pada Tanggal 13 November 2023. Kegiatan ini dilaksanakan 3 tahap yakni tahap perencanaan, pelaksanaan kegiatan dan observasi. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa pelatihan ini sangat dibutuhkan siswa untuk berprestasi, sehingga setelah kegiatan ini siswa dapat menginternalisasi nilai-nilai moral, meningkatkan kemandirian, dan meraih prestasi akademis yang optimal. Evaluasi efektivitas pelatihan dilakukan melalui pemantauan perubahan perilaku siswa, peningkatan partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler, dan peningkatan prestasi akademis.


Kata Kunci:Pelajar Berakhlak, Motivational Interviewing, PKM


Full Text:

PDF

References


Akhmad, F. A. P., & Azzam, F. (2022). Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAI SD di Kecamatan Tambun Selatan. Parameter, 7(1), 26–40.

Alfikri, A. W. (2023). Peran Pendidikan Karakter Generasi Z dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 21–25.

Aryani, F., & Rais, M. (2017). Model e-peminatan: solusi Praktisi Merencanakan Karier Masa Depan. Makassar: Badan penerbit UNM.

Chaerudin, A. (2018). Manajemen pendidikan dan pelatihan SDM. CV Jejak (Jejak Publisher).

Fahyuni, E. F., & Istikomah, I. (2016). Psikologi Belajar & Mengajar (kunci sukses guru dalam interaksi edukatif). Nizamia Learning Center.

Febyanto. (2016). Analisis Pengaruh Kelompok Sosial dan Keluarga terhadap Perkembangan Psikososial Anak (Studi Kasus pada Siswa SDN Wonokerso 01 Kabupaten Malang). Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 2(1), 10–20.

Lukum, A. (2019). Pendidikan 4.0 di Era Generasi Z: Tantangan dan Solusinya. Prosiding Seminar Nasional Kimia Dan Pendidikan Kimia, 2, 1–3.

Maulana, A. (2022). Human Capital in Revolution Industri.

Mayang, T. (2020). Motivational Interviewing: Konsep dan Penerapannya. Prenada Media.

Mazaya, K. N., & Supradewi, R. (2023). Konsep Diri dan Kebermaknaan Hidup pada Remaja di Panti Asuhan. Proyeksi, 6(2), 103–112.

Prasetyo, R. H., Asbari, M., & Putri, S. A. (2023). Mendidik Generasi Z: Tantangan dan Strategi di Era Digital. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(1), 10–13. https://doi.org/https://doi.org/10.4444/jisma.v3i1.743

Rahman, E. Y., Kaseger, M. R., & Mewengkang, R. (2023). Manajemen pendidikan. Mafy Media Literasi Indonesia.

Rahmat, P. S. (2021). Psikologi pendidikan. Bumi Aksara.

Riyanto, F., Widhiastuti, H., & Dewi, R. (2023). Keterampilan Apa Yang Siap Digunakan Gen Z saat Bekerja di Era Industri 4.0: Bukti di Pendidikan Tinggi Indonesia. Journal of Applied Management Studies, 5(1), 117–129.

Setiana, S. M., Setiawati, L., & Mustaqim, M. (2019). Hard skills versus soft skills: How do they affect different job types of Japanese language graduates? International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(11), 176–192. https://doi.org/https://doi.org/10.26803/ijlter.18.11.10

Siregar, M. I. (2022). Pendidikan Karakter di Era Millenial. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(2), 68–81. https://doi.org/https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v9i2.4747

Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan karakter di era milenial. Deepublish.

Susanto, A. (2016). Manajemen peningkatan kinerja guru konsep, strategi, dan implementasinya. Prenada Media.

Uno, H. B. (2022). Landasan pendidikan. Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 33 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.