Efektivitas Psikoedukasi dalam Meningkatkan Pemahaman Bullying Sebagai Upaya Pencegahan Bullying pada Siswa Sekolah Dasar

Eka Sufartianinsih Jafar(1*), Nurlina Sari(2), Nurul Aulya Al Mukharramah(3), Nurul Aulia(4), Hardiyanti Ambo(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/iptek.v3i1.56493

Abstract


Sekolah merupakan salah satu wadah untuk memperoleh pendidikan karakter. Pendidikan karakter yang kurang memadai dapat menyebabkan krisis moral seperti adanya perilakku bullying. Berdasarkan data awal yang diperoleh, terdapat beberapa siswa SD P yang pernah melakukan perilaku bullying. Bullying merupakan bentuk segala bentuk tindakan kekerasan terhadap suatu individu yang dapat menimbulkan masalah baik secara fisik maupun psikologis. Salah satu bentuk intervensi untuk mengurangi perilaku bullying adalah pemberian psikoedukasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas psikoedukasi dalam meningkatkan pemahaman bullying terhadap siswa SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain one group pre-test and post-test. Psikoedukasi yang telah dilakukan bertujuan untuk menambah wawasan subjek mengenai perilaku bullying agar mampu meminimalisir adanya perilaku bullying yang terjadi di sekolah. Materi psikoedukasi yang diberikan berupa definisi perilaku bullying, jenis bullying, dampak bullying, serta cara menangani perilaku bullying. Psikoedukasi diberikan kepada 33 orang siswa kelas 5 SD P. Hasil analisis data yang diperoleh menggunakan uji paired sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara skor pre-test dan post-test. Artinya, psikoedukasi yang diberikan sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa mengenai perilaku bullying.


Full Text:

PDF

References


Akbar, R., Weriana, Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Experimental Research dalam Metodologi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol 9(2), 465-474.

Almira, N. S., & Marheni, A. (2021). Analisis Fenomenologis Interpretatif tentang Definisi Bullying dan Harga Diri bagi Korban Bullying. Jurnal Psikologi Integratif, vol. 9(2), 209-224.

Anggraini, S., & Dewi, S. K. (2023). Edukasi Remaja Tentang Pengenalan Jenis Perilaku Bullying di Sekolah Melalui Role Plays. Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 19(1), 83-92.

Damayanti, K. K., Kurniawati, F., & Situmorang, D. D. (2019). Bullying di Sekolah: Pengertian, Dampak, Pembagian, dan Cara Menanggulanginya. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, vol.17(1), 55-66.

Emilda. (2022). Bullying di Pesantren: Jenis, Bentuk, Faktor, dan Upaya Pencegahannya. Jurnal Sustainable, vol 5(2), 198-207.

Fahdini, A. M., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Urgensi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Kalangan Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol 5(3), 9390-9394.

Hidayatika, F. (2019). Penanganan Kasus Kekerasan Dan Bullying Pada Anak Melalui Gerakan Bersama Sekolah Semarang Peduli Dan Tanggap Bullying (Gebersepti) Di Rumah Duta Revolusi Mental (Rdrm) Kota Semarang. (Skripsi, Universitas Negeri Semarang)

Irhamna, & Purnama, S. (2021). Peran Lingkungan Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Di Paud Nurul Ikhlas. Jurnal Pendidikan Anak, 38-46.

Irwanti, R. U., & Haq, A. H. (2023). Efektivitas Psikoedukasi dalam Peningkatan Pengetahuan Tentang Bullying pada Remaja. JICOP: Journal of Islamic and Contemporary Psychology, vol 3(1), 214-220.

Madyo, K. D. (2019). Cognitive Behavioral Therapy untuk Meningkatkan Self-Efficacy Akademis pada Siswa SMA Korban Bullying Relasional. Journal of Counseling Personal Development vol.1(1), 40-50.

Mas'udah, S. (2022). Makna Kekerasan Seksual dan Stigma Masyarakat Terhadap Korban Kekerasan Seksual. Society, vol.1/(1), 1-12.

Muliasari, N. A. (2019). Dampak Perilaku Bullying Terhadap Kesehatan Mental Anak (Studi Kasus di Ma'arif Cekok Babadan Ponorogo). Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Nurhayaty, E., & Mulyani, A. S. (2020). Pengenalan Bullying dan Dampaknya Pada Pelaku dan Korban. Jurnal Abdimas BSI, Vol 3(2), 173-179.

Oktaviani, D., & Ramadan, Z. H. (2023). Analisis Dampak Bullying Terhadap Psikologi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, Vol.9, No.3, 1245-1251.

Piara, M., Rhesa, M., Hamid, M. W., Sadzali, M., & Hasanuddin, M. I. (2022). Psikoedukasi Mengenai Quarter Life Crisis. Pinisi: Jurnal of Art, Humanity, & Social Studies, vol 2(6), 291-295.

Prawiyadi, L., Aritonang, A. I., & Wijayanti, C. A. (2018). Analisis Isi Pesan Bullying dalam Serial Netflix "13 Reasons Why". Jurnal E-Komunikasi, vol 6(2).

Putra, D. A. (2019). Pengaruh Bullying Verbal Terhadap Keputusan Menjalin Hubungan Pertemanan Pada Siswa Kelas VIII SMPN 4 Wates. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, vol.5(5), 344-356.

Putri, E. D. (2022). Kasus Bullying di Lingkungan Sekolah: Dampak Serta Penanganannya. Keguruan: Jurnal Penelitian dan Pengabdian, vol. 10(2), 24-30.

Rachma, A. W. (2022). Upaya Pencegahan Bullying Di Lingkup Sekolah. Jurnal Hukum dan Pembangunan Ekonomi, Volume 10, Nomor 2, 241-257.

Rachman, D. & Syahrin A. M. N. (2018). Pelatihan Komunikasi Teman Sebaya Sebagai Upaya Meminimalisasi Bullying di Sekolah Menangah Atas negri (SMA) 16 Samarinda. Jurnal Abdimas Mahakam Vol 2(2) https://doi.org/10.24903/jam.v2i2.36

Sari, Y. P., & Azwar, W. (2017). Fenomena Bullying Siswa: Studi Tentang Motif Perilaku Bullying Siswa di SMP Negeri 01 Painan, Sumatera Barat. Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, vol. 10(2), 333-367.

Sudrajat, H., & Hariati, R. H. (2022). Integrasi Bullying Terhadap Afektif Siswa di Sekolah. AL-AMIN: Journal Of Education and Social Studies Volume 7, No. 01, 13-23.

Suhendar, R. D. (2019). Faktor Penyevav Perilaku Bullying Siswa di SMK Triguna Utama Ciputat Tangerang Selatan. EMPATI: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, vol 8(2), 177-184.

Yuyarti. (2018). Mengatasi Bullying Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Kreatif, vol 8(2), 168-173.

Zulqurnain, M. A., & Thoha, M. (2022). Analisis Kepercayaan Diri pada Korban Bullying.Edu Consilium: Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam,3(2), 69-82.4


Article Metrics

Abstract view : 219 times | PDF view : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.