Pelatihan Gamifikasi Bagi Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Keterlibatan Siswa

Sella Mawarni(1*), Abdul Hakim(2), Pattaufi Pattaufi(3), Merrisa Monoarfa(4), Hartoto Hartoto(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/iptek.v3i1.54735

Abstract


Abstrak. Mitra pada kegiatan pelatihan gamifikasi ini adalah Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Makassar dan Dinas Pendidikan Kota Makassar. Pelatihan gamifikasi ini diikuti oleh guru-guru jenjang sekolah dasar se-Kota Makassar. Pelatihan gamifikasi bagi guru dilaksanakan berdasarkan adanya kebutuhan terhadap penerapan metode dan strategi pembelajaran terkini yang mampu mendukung pelaksanaan Kurikulum Merdeka sekaligus sesuai dengan kebutuhan peserta didik dengan karakteristik digital native dan pembelajaran berdifenrensiasi. Metode yang digunakan dalam kegiatan pelatihan ini berupa presentasi materi, simulasi, diskusi, dan praktik mandiri. Aplikasi pembelajaran wordwall dipilih sebagai aplikasi yang disimulasikan pada pelatihan ini. Pada sesi praktik mandiri, guru dibimbing oleh tim tutor untuk membuat sebuah kuis interaktif menggunakan aplikasi wordwall. Kegiatan pelatihan gamifikasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada guru-guru tentang bagaimana konsep dan penerapan gamifikasi dalam pembelajaran di kelas sehingga dapat menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan keterlibatan siswa dalam belajar.

 

Kata Kunci: Gamifikasi, Kualitas Pembelajaran, Keterlibatan Siswa.


Full Text:

PDF

References


Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2), 59–65. https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p59-65

Kapp, KM (2012). The gamification of learning and instruction: game-based methods and strategies for training and education. John Wiley & Sons.

Kiryakova, G., Angelova, N., & Yordanova, L. (2014). GAMIFICATION IN EDUCATION.

Sailer, M., & Homner, L. (2020). The Gamification of Learning: A Meta-analysis. Educational Psychology Review, 32(1), 77–112. https://doi.org/10.1007/s10648-019-09498-w


Article Metrics

Abstract view : 63 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.