Edukasi Enterpreneurship dalam Meningkatkan Iklim Usaha bagi Masyarakat Kecamatan Makassar Kota Makassar

Syarifuddin Syarifuddin(1*), Muh. Rizal(2), Muhammad Luthfi Siraj(3), Yusi Irensi Seppa(4), St. Syarifah Wafikah(5), Andika Wahyudi Gani(6),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/iptek.v2i3.47704

Abstract


Abstrak. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujun untuk memberikan pelatihan enterpreneurship dalam bentuk simulasi praktik perancangan bisnis yang dapat membentuk karakter wirausaha bagi masyarakat kecamatan Makassar Kota Makassar, sehingga dapat menumbuhkan motivasi enterpreneurship sebagai pondasi awal untuk membentuk jika dan karakter wirausaha yang mandiri. Metode kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode ceramah, demonstrasi langsung dan dipraktekkan oleh peserta, serta Tanya jawab. Metode ceramah digunakan untuk menyampaikan pengetahuan secara umum tentang cara menumbuhkan motivasi berwirausaha. Demonstrasi digunakan untuk memberikan keterampilan langsung mengenai proses simulasi dalam membentuk motivasi berwirausaha. Tanya jawab digunakan untuk melengkapi hal-hal yang belum terakomodasi oleh kedua metode di atas. Pelatihan ini melibatkan dosen program studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM yang bekerjasama dengan Pemerintah kecamatan Makassar Kota Makassar sebagai subyek sasaran. Hasil pelatihan dalam rangka menumbuhkan jiwa enterpreneurship masyarakat kecamatan Makassar Kota Makassar dapat dinayatakan sangat berhasil. Hal ini dapat dilihat dari: 1) antusias masyarakat mengikuti pelatihan yang mencapai jumlah peserta sesuai dengan target yaitu 50 orang, 2) hasil pelatihan dinyatakan sangat baik sesuai dengan analisis rubrik penilaian kinerja kelompok peserta, 3) peserta yang mengikuti pelatihan, terdapat 34 orang yang sudah memiliki rancangan bisnis awal yang dinlai cukup baik sesuai analisis market.

 

Kata kunci: Enterpreneurship, Motivasi


Full Text:

PDF

References


Adi, Sutanto. (2000). Kewiraswastaan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Anonim. Penggangguran RI didominasi lulusan SMA dan SMK. Diambil pada tanggal 29 Juli 2013, dari http:/finance.detik.comread/ penggangguran-lulusan-sma dan smk.htm.

Buchari Alma. (2011). Enterpreneurship. Bandung: Alfabeta.

Lambing, P, Kuehl,C.R. (2000). Enterpreneurship. Upper saddle River: Prentice Hall.

Meridith. Robert, Nelson. (2000). Enterpreneurship Teori dan Praktek. (Terjemahan Andre Asparsayogi). Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo. (Buku asliThe Practice Of Entrepreneurship).

Muri Yusuf. (2002). Kiat Sukses Dalam Karier. Jakarta. Ghalia Indonesia.

Suryana. (2003). Enterpreneurship; Pedoman Praktis, kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Oemar Hamalik. (2010). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.


Article Metrics

Abstract view : 104 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.