PKM Penerapan Buku Curhat Berbasis Self-Counseling dalam Mereduksi Perilaku Agresi Anak Jalanan

Nur Fajri Kasmin Marina(1), Muhammad Rafli(2), Nur Fadhilah Umar(3*), Novayanti Sophia Rukmana(4), Andi Rosman(5),

(1) Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Makassar
(2) Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Makassar
(3) Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Makassar
(4) Administrasi Negara, Universitas Negeri Makassar
(5) Pendidikan Fisika, Universitas Sulawesi Barat
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/iptek.v2i3.46473

Abstract


Abstrak. Perilaku agresi adalah perilaku yang banyak terjadi di kalangan masyarakat, terkhusus di KPAJ Adyaksa. Perilaku agresi anak jalanan memberi dampak yang buruk bagi masyarakat yang dapat mendorong tingginya tingkat kriminalitas seperti premanisme, begal dan copet. Oleh karena itu, sangat penting untuk menurunkan tingkat agresi anak jalanan khususnya di kota Makassar. Pihak mitra mendampingi anak-anak jalanan yang berjumlah 50 anak dengan kisaran umur 5 sampai 15 tahun. 50 anak yang terdaftar ini bisa saja bertambah ataupun berkurang dikarenakan ada anak yang tidak datang untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Pelaksanaan Program Pengabdian ini dilaksanaan dalam empat tahap yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi dan follow- up. Tim Menyusun outline/ kerangka pada bahan buku curhat diantaranya 1) Mengenali Emosi; (2) Mengenali Agresi; (3) Menajemen agresi; dan (4) Token Economy sebanyak  3 kegiatan. Berdasarkan hasil grafik observasi diatas tim pengabdian menyimpulkan bahwa agresi anak jalanan menurun dari kategori tinggi ke kategori rendah. Melalui penerapan media buku curhat dengan metode self counseling membuat anak jalanan untuk dapat merefleksikan secara langsung perasaan, pengalaman dan menuliskan berbagai perasaan yang membantunya dalam memahami perasaan orang lain maupun dirinya sendiri.

 

Kata Kunci: Perilaku agresi, Anak Jalanan, Buku curhat, Self-Counseling


Full Text:

PDF

References


Nugrahawati, E. N. (2011). Perilaku Agresi Pada Anak Jalanan. Schema: Journal of Psychological Research, 104–112.

Setiawan, A. (2010). Penanganan perilaku agresif pada anak. Jassi Anakku, 10(1), 89–96.

Setiowati, E. A., Suprihatin, T., & Rohmatun, R. (2017). Gambaran agresivitas anak dan remaja di area beresiko. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1.

Waruwu, N. (2022). Pengelolaan Emosi Anak Berdasarkan Amsal 25: 17-25 Terhadap Sikap Belajar Peserta Didik Di Sekolah TK. Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, Dan Pendidikan, 6(2), 176–196.


Article Metrics

Abstract view : 69 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.