Pelatihan Motivasi Kerja pada Siswa SMK SMTI Makassar

Resekiani Mas Bakar(1*), Muhammad Shafwan Zhalifunnas(2), Agun Sesar(3), Andi Andini Thasya Pawiloi(4), Andi Ayu Ananda(5),

(1) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(3) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(4) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(5) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/iptek.v2i3.46331

Abstract


Abstrak. Persiapan siswa sekolah kejuruan dalam memasuki dunia industri membutuhkan kemampuan agar mampu beradaptasi dan memiliki kesiapan secara psikologis bagi para calon pekerja. Kesiapan yang dibutuhkan salah satunya adalah motivasi dalam bekerja. Motivasi kerja merupakan salah satu sikap yang harus dimiliki oleh calon karyawan dalam bekerja. Motivasi kerja berfungsi untuk membuat karyawan tetap menjaga produktivitas semasa bekerja. PT. Charoen Pokphand Indonesia, Tbk yang merekrut peserta magang membutuhkan peserta yang memiliki motivasi kerja yang tinggi. Salah satu mitra PT. Charoen Pokphand Indonesia, Tbk bermitra dengan sekolah kejuruan yakni SMK SMTI Makassar. Mitra yang bekerja sama dengan Peserta PRAKERIN yang memiliki motivasi kerja yang tinggi dapat mendukung dalam menjalankan pekerjaan yang dilakukan pada perusahaan. Tujuan dari pelatihan yang dilakukan untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan terkait motivasi dalam bekerja di perusahaan mitra. Metode yang digunakan dengan cara melakukan pelatihan kepada calon peserta dari mitra perusahaan. Hasil dari pelatihan yang dilakukan dapat membantu calon karyawan atau peserta PRAKERIN dalam menentukan motivasi serta sikap kerja selama proses tersebut dilaksanakan. Kesimpulan dari pelatihan yang dilakukan adalah sebanyak 54% peserta merasakan pelatihan menarik, 54% merasakan materi dan pelatihan sudah sesuai kebutuhan, 65% menyatakan topik yang diangkat sesuai kebutuhan dan 70% merasakan manfaat dari pelatihan yang dilakukan oleh perusahaan. Kata kunci: Pelatihan, Motivasi, Kerja

Full Text:

PDF

References


Bariqi, M. D. (2018). Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 5(2), 64-69.

Gitusudarmo, I. (2015). Manajemen Pemasaran Edisi 2 Jilid 3. Yogyakarta: BPFE.

Mahesa, D., & Djastuti, I. (2010). Analisis Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan dengan Lama Kerja sebagai Variabel Moderating (Studi pada PT. Coca Cola Amatil Indonesia (Central Java). Skripsi. Universitas Diponegoro.

Muspawi, M., & Lestari, A. (2020). Membangun kesiapan kerja calon tenaga kerja. Jurnal Literasiologi, 4(1).

Ningrum, E. P., Hasibuan, L. B., Dewi, N. K. (2021). Pengaruh Pelatihan Profesional, Pertimbangan Pasar Kerja, Penghargaan Finansial, Personalitas terhadap Mahasiswa Akuntansi dalam Pemilihan Karier sebagai Auditor (Studi Empiris Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya). Jurnal ESENSI Manajemen Bisnis, 24(2), 253-265.

Robert, Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2006). Human Resource Management (edisi 10). Jakarta: Salemba Empat, 387-401.

Rohmah, N. F. (2018). Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 1-11.

Siswadi, Y. (2017). Pengaruh Pelatihan Dan Disiplin Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Padapt. Jasa Marga Cabang (Belmera) Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 17(1).

Supatmi, M. E., Nimran, U., & Utami, H. N. (2013). Pengaruh Pelatihan, Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan dan Kinerja Karyawan. Profit: Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1).

Suwanto, S. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Koperasi Bmt El-Raushan Tangerang. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 3(2), 156-165.

Wahyuni, N., Aunurrahman, A., & Wahyudi, W. (2021). Pengaruh Pelatihan dan Pengalaman Kerja Terhadap Profesionalisme Guru Di SMP Negeri Kecamatan Pemangkat. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(12).

Wekke, I.S. (2019). Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Penerbit Gawe Buku.

Sari, A. W. (2021). Pengaruh motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan PT. Anak Tuhan Sawit Mandiri Lampung Tengah. Skripsi. Universitas Teknokrat Indonesia


Article Metrics

Abstract view : 178 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.