Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Lontara Makassar pada Anak Santri TKA TPA Hidayatullah di Dusun Bungung Lompoa

St. Nurhalizah H.(1*), Andi Fatimah Yunus(2), Sukmawati Sukmawati(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/iptek.v2i3.45806

Abstract


Abstrak. Anak santri yang berada di TKA TPA Hidayatullah adalah anak-anak yang duduk di bangku sekolah dasar. Di Sekolah, mereka juga diajarkan bahasa daerah yang salah satu materinya adalah menulis aksara lontarak Makassar. Namun berdasarkan hasil observasi, beberapa dari mereka belum dapat menulis aksara lontarak Makassar dengan benar. Mereka menganggap menulis aksara lontarak itu sulit. Hal inilah yang menyebabkan mereka kurang berminat dalam belajar menulis aksara lontarak Makassar. Untuk mengatasi hal tersebut, maka mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Daerah berinsiatif mengajarkan cara menulis aksara lontarak dengan benar. Hasil yang diperoleh dari pengabdian ini adalah anak santri merasa sangat mudah menulis aksara lontarak, bahkan beberapa huruf telah mereka hafal.              

Kata Kunci:  Kemampuan, Menulis, Lontara


Full Text:

PDF

References


Moeliono, Anton M. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi keempat. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Said, Ide. (1995). Beberapa Kendala dalam Pengajaran Aksara Lontarak dan Upaya Penanggulangannya. Makalah. Makassar: Balai Penelitian Bahasa

Salim, Muhammad. (1991). Translitrasi dan Terjemah Lontaraq Budiistiharah. Sulawesi Selatan: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.


Article Metrics

Abstract view : 73 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.