PKM Penganekaragaman Pangan Melalui Pengembangan Olahan Ubi Jalar Ungu pada Ibu-Ibu Rumah Tangga

Nur Anny S. Taufieq(1*), Ratnawati T.(2), Nurlita Pertiwi(3), Irma Aswani Ahmad(4), Noor Fadilah Romadhani(5),

(1) Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(3) Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(4) Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(5) Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/iptek.v2i3.45622

Abstract


Abstrak.  Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM)  ini adalah ibu-ibu rumah tangga. Masalah mitra adalah kurangnya pengetahuan masyarakat tentang pengolahan ubi jalar ungu menjadi salah satu pengganti bahan makanan yang mengandung gizi dengan biaya yang relatif murah. Oleh itu, ibu-ibu rumah tangga perlu dibekali pengetahuan bagaimana mengolah ubi jalar ungu menjadi makanan yang menarik dan memiliki nilai jual. Metode yang digunakan dalam program kemitraan masyarakat ini yaitu metode pendampingan (mentoring) dan metode Partisipatory Rural Approach (PRA). Metode pendampingan dilakukan untuk mengubah paradigma berpikir masyarakat dalam mengolah ubi jalar ungu menjadi bahan olahan makanan. Metode PRA dilakukan untuk membangkitkan rasa memiliki (sense of belonging) mitra terhadap produk yang akan dikembangkan dan rasa tanggungjawab (sense of responsibility) mitra terhadap produk dan lingkungan yang ada disekitarnya. Metode utama yang ditempuh dalam kegiatan PKM  ini adalah ceramah, diskusi, tanya jawab dan simulasi. Hasil dari program kemitraan ini adalah dengan adanya pelatihan pengolahan ubi jalar ungu dapat meningkatkan pengetahuan ibu-ibu rumah tangga bagaimana mengolah ubi jalar ungu menjadi produk makanan olahan yang beranekaragam dan bernilai ekonomis, serta mengandung gizi dengan biaya yang relatif murah.

 

Kata Kunci: ubi jalar ungu, olahan makanan, ibu rumah tangga


Full Text:

PDF

References


Brotodjojo, L. C. (2013). Semua Serba Ubi Jalar. Gramedia Pustaka Utama.

Cevallos-Casals, B. A., & Cisneros-Zevallos, L. A. (2001). Bioactive and functional properties of purple sweetpotato (Ipomoea batatas (L.) Lam). I International Conference on Sweetpotato. Food and Health for the Future 583, 195–203.

Ginting, E., Utomo, J. S., Yulifianti, R., & Jusuf, M. (2011). Potensi ubijalar ungu sebagai pangan fungsional.

Hüttner, E. K., & Arendt, E. K. (2010). Recent advances in gluten-free baking and the current status of oats. Trends in Food Science & Technology, 21(6), 303–312.

Suda, I., Oki, T., Masuda, M., Kobayashi, M., Nishiba, Y., & Furuta, S. (2003). Physiological functionality of purple-fleshed sweet potatoes containing anthocyanins and their utilization in foods. Japan Agricultural Research Quarterly: JARQ, 37(3), 167–173.


Article Metrics

Abstract view : 131 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.