Peningkatan Kapasitas Guru Sekolah Dasar dalam Memberikan Penguatan Positif (Positive Reinforcement) kepada Siswa di Kecamatan Bangkala Barat Kabupaten Jeneponto

Mantasiah R.(1*), Yusri Yusri(2), Andi Muhammad Rivai(3), Hasmawati Hasmawati(4),

(1) Pendidikan Bahasa Asing, Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Bahasa Asing, Universitas Negeri Makassar
(3) Administrasi Bisnis, Universitas Negeri Makassar
(4) Pendidikan Bahasa Asing, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/iptek.v2i3.45590

Abstract


Abstrak. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini ialah untuk meningkatkan kapasitas guru sekolah dasar dalam memberikan penguatan positif kepada siswa dalam proses pembelajaran. Mitra dalam kegiatan pengabdian ini ialah kelompok kerja guru sekolah dasar di Kecamatan Bangkala Barat, Kabupaten Jeneponto. Tahap pelaksanaan kegiatan pengabdian ini terdiri atas 4 tahap yakni persiapan, pelaksanaan, evaluasi, serta rencana tindak lanjut. Untuk mengukur keberhasilan pelaksanaan program, maka digunakan beberapa instrument seperti instrument pemahaman mengenai penguatan positif, instrument evaluasi materi dan pemateri, serta instrument evaluasi pelaksanaan kegiatan secara keseluruhan. Berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman dan keterampilan guru mengenai pemberian penguatan positif dalam pembelajaran. Selain itu, guru mulai menyadari pentingnya memberikan penguatan positif kepada siswa dalam proses pembelajaran. Terdapat beberapa hal yang telah direncanakan kedepannya sebagai program rencana tindak lanjut seperti melakukan pelatihan rutin kepada guru terkait pemberian penguatan positif serta mencoba mensosialisasikan program ini kepada kelompok kerja guru lainnya di daerah tersebut.

 

Kata Kunci: Guru Sekolah Dasar, Penguatan Positif, Motivasi Belajar


Full Text:

PDF

References


Alawiyah, T., Supriatna, E., & Yuliani, W. (2019). Pengaruh motivasi intrinsik dan kesadaran metakognitif terhadap prestasi akademik siswa. Journal of Innovative Counseling:

Theory, Practice, and Research, 3(02), 91-98.

Hamid. Abd., H., Baharum, M., & Sarkowi, A. (2020). Pengaruh efikasi kendiri terhadap motivasi dan pencapaian akademik siswa pendidik. Jurnal Ipda, 26(1), 104-112.

Kristanti, E., & Sari, N. P. (2021). Motivasi berprestasi, dukungan sosial dan flow akademik siswa di era covid-19.

Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(2), 187-200.

Mantasiah R, M. R., Sinring, A., & Aryani, F. (2021). Assessing verbal positive reinforcement of teachers during school from home in the Covid-19 pandemic era. International Journal of Instruction, 14(2), 1037-1050.

Septiana, N. Z. (2021). Hubungan antara stres akademik dan resiliensi akademik siswa sekolah dasar di masa pandemi covid-19. SITTAH: Journal of Primary Education, 2(1), 49-64.

Sundaroh, E., Sobari, T., & Irmayanti, R. (2020). Hubungan Motivasi Belajar Dan Prokrastinasi Pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Kadungora Kabupaten Garut. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 3(5), 171-177.


Article Metrics

Abstract view : 107 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.