Pengaruh Pemanfaatan Alat Peraga dalam Pelatihan Mikrokontroler di SMKN 1 Kabupaten Gowa

Akhyar Muchtar(1*), Hilda Ashari(2), Elfira Makmur(3), Ambo Dalle(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/iptek.v2i2.40746

Abstract


Abstrak. Tim PkM Universitas Negeri Makassar bekerja sama dengan Tim PkM Politeknik Bosowa melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di SMKN 1 Kabupaten Gowa dengan tema Pelatihan Mikrokontroler Berbasis Arduino untuk Siswa SMKN 1 Kabupaten Gowa. Pelatihan ini merupakan salah satu penerapan tri dharma perguruan tingi yang rutin dilaksanakan setiap semesternya secara berkelanjutan sebagai sumbangsih untuk meningkatkan pengetahuan siswa dalam bidang sistem kontrol. Pada pelaksanaan PkM ini, Universitas Negeri Makassar sebelumnya telah melaksanakan observasi lapangan di SMKN 1 Gowa, yang selanjutnya ditindaklanjuti dengan pembuatan alat peraga yang dibutuhkan dalam pelaksanaan PkM sesuai hasil observasi. Hasil PkM menunjukkan bahwa pemahamam siswa meningkat rata-rata 90% setelah menggunakan alat peraga, yang mana rata-rata kemampuan sebelumnya saat pemberian materi pembelajaran saja tanpa alat peraga, pemahaman siswa tentang materi pembelajaran tersebut hanya mencapai rata-rata 25%. Kegiatan PkM ini juga menunjukkan bahwa saat penggunaan alat peraga, 95% siswa berkeinginan untuk mencoba sendiri materi yang diberikan, sedang saat tanpa alat peraga, hanya 10% siswa yang antusias untuk mendengarkan materi pembelajaran yang diberikan.

Kata Kunci: pelatihan, alat peraga, mikrokontroler, siswa.


Full Text:

PDF

References


Aprilyanti, F. 2016. Penerapan Metode Eksperimen Dengan Alat-Alat Sederhana Fisika Untuk Meningkatan Ketrampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro, 4 (1):1-9.

Fatmawati, A. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk SMA Kelas X. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 4(2): 92-103.

Kadir, Abdul. 2018. Arduino & Sensor. Yogyakarta: Andi.

Khoiri, N. A. Rusilowati, Wiyanto & Sulhadi. 2018.Mengajarkan Pemahaman Konsep Gerak Parabola Berbantuan Alat Peraga. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9 (2): 119-124.

Nasar, A. & M. B. U. Kaleka. 2019. Keefektifan Metode Eksperimen Laboratorium Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Cahaya, Keterampilan Proses Sains, dan Sikap Ilmiah Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika, 7 (3): 262-270.

Sudhan, Hari. et al.2015.Arduino Atmega- 328 Microcontroller. International Journal Of Innovative Research In Electrical, Electronics, Instrumentation and Control Engineering Vol. 3, Issue 4, April 2015. ISSN (online) 2321- 2004.Available at: https://www.ijireeice.com/upload/2015/april-15/IJIREEICE%206.pdf.


Article Metrics

Abstract view : 61 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.