Psikoedukasi: Regulasi emosi Terhadap Kepatuhan Pemerima Manfaat (PM) di Balai Sentra Wirajaya Makassar

Haerani Nur(1*), Wahyudi Alengo(2), Dwi Fachrul Effendi(3), Izazi Husna Jufri(4), Muh. Ridawan(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/iptek.v2i2.40527

Abstract


Abstrak.  Disabilitas fisik adalah kelainan fungsi tubuh yang mengalami gangguan gerak yang disebabkan oleh kelainan neuromuskular dan struktur tulang yang bersifat bawaan, sakit, atau akibat kecelakaan (amputasi), polio dan lumpuh layu atau kaku, paraplegi, cerebral palsy, dan orang kecil. Keberadaan disabilitas fisik selalu akrab dengan label bahwa individu dengan cacat tubuh merupakan individu yang lemah, tidak berdaya, tidak dapat melaksanakan aktivitas, bahkan dianggap tidak dapat memberikan kontribusi apa-apa dalam hidup. Dengan adanya prasangka  tersebut, maka kerap kali terjadi diskriminasi terhadap individu penyandang disabilitas fisik. Sehingga penyandang disabilitas menjadi tidak percaya diri terhadap dirinya sendiri. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi terhadap Penerima Manfaat (PM) di Sentra Wirajaya Makassar mahasiswa KKP Psikologi UNM melihat bahwa tingkat kepatuhan yang masih kurang Melalui psikoedukasi yang dilakukan       bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peraturan serta kepatuhan PM ketika berada di lingkungan sosial, dan mampu beradaptasi dan memulai langkah yang pasti ketika lulus dan menjadi alumni Sentra Wirajaya Makassar. Metode yang digunakan dalam . bentuk psikoedukasi dengan ceramah sharing session. Melalui psikoedukasi ini PM mampu menaati dan mengoptimalkan kemampuannya untuk dapat memahami norma serta aturan yang ada di lingkungan sosal serta mampumengoptimalkan potensi dan keterampilan yang telah diberikan selama berada di Sentra Wirajaya Makassar.

Kata Kunci: Kepatuhan, Norma Sosial, Kepercayaan Diri, Penyandang Disabilitas Fisik


Full Text:

PDF

References


Juniartika, R., Mariana, R., & Nastasia, K. (2013). Kepatuhan terhadap peraturan sekolah pada siswa di SMK XX Padang. Jurnal Penelitian, 3(2),1-6.

Rusnaeni, E. (2015). Analisis kepatuhan peserta didik terhadap tata tertib sekolah (studi pada SMAN 1 Penrang Kabupaten Wajo). Jurnal Tomalebbi, (4)1, 1-13.


Article Metrics

Abstract view : 50 times | PDF view : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.