Pengenalan Emosi Melalui Psikoedukasi Pada Anak Berhadapan Hukum (ABH) Di Balai Rehabilitasi Sosial Anak Memerlukan Perlindungan Khusus (BRSAMPK) Toddopuli Makassar

Faradillah Firdaus(1*), Akbar Reza(2), Adelin Ifdhalia Marham(3), Andi Aqilah Rosadi(4), Yusnaeni Yusnaeni(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/iptek.v2i1.38153

Abstract


Abstrak. Tujuan mengadakan kegiatan psikoedukasi ini ialah untuk mengenali emosi dan mengontrol emosi agar tetap efektif dan adaptif dalam menghadapi tekanan selama menjalani proses rehabilitasi. Psikoedukasi ini mengangkat tema “tingkatkan kemampuan mengenal dan mengelola emosi dalam diri. Metode yang digunakan dalam psikoedukasi ini adalah metode ceramah dan pre-post test. Peserta dalam psikoedukasi ini yakni sebanyak sembilan orang. Hasil kesimpulan dari psikoedukasi ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan mengenai emosi dan cara mengelolah emosi dengan baik.

Kata Kunci: psikoedukasi, emosi, stabilisasi emosi

Full Text:

PDF

References


Ahmad, M. S,. Tambak, S,. Constantiani, N. (2017). Hubungan metode tanya jawab dengan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Jurnal Al-Thariqah, 2(1). ISSN: 2527-9610.

Aidy, W.M. (2021). Anak berhadapan hukum ditinjau dari aspek psikologi hukum. Jurnal Hukum Sasana, 7(2), 357-365

Baqi, A. (2015). Ekspresi emosi marah. Buletin Psikologi, 23(1), 22-30.

Donuata, P. B. (2019). Efektivitas pemberian pre-test dan post-test dalam meningkatkan prestasi belajar fisika siswa. Jurnal Chemistry Education Muhammadiyah Reaction, 2(1).

Effendy, I. (2016). Pengaruh pemberian pre-test dan post-test terhadap hasil belajar mata diklat hdw. dev. 100.2.a. pada siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(2), 81-88. ISSN: 2528-5696.

Ferawati., & Rahmandani, A. (2020). Hubungan antara pemaafan diri dengan regulasi emosi pada anak didik lembaga pembinaan khusus anak (lpka) kelas i kutoarjo dan kelas ii yogyakarta. Jurnal Empati, 8(3), 82-88.

Lestari, M.A., & Santoso, M.B. (2019). Pelaksanaan assertiveness training pada anak berhadapan dengan hukum (abh) di lpka bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 104-116.

Lumenta, N., Wungouw, H.I.S., & Karundeng, M. (2019). Hubungan pola asuh orang tua dengan kematangan emosi remaja di sman 1 sinonsayang. Jurnal Keperawatan, 7(1), 1-8.

Novianti, D. Salim, M. B. (2018) Pengaruh pemberian pre-test dan post-test terhadap kesiapan dan hasil belajar IPA siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Metro tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Kappa: Pendidikan Fisika FKIP Universitas Hamzanwadi, 11(1), 1-8. ISSN: 2450-2590.

Tambak, S. (2014). Metode ceramah: konsep dan aplikasi dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Jurnal Tarbiyah, 21(2). ISSN: 0854-2627.


Article Metrics

Abstract view : 258 times | PDF view : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.