Pelatihan Administrasi Alat Tes Psikologi

Eva Meizara Puspita Dewi(1*), Muh. Nurfath Muqaddimah(2), Ratna Sari(3), Nurindah Sari(4), Dearni Regina Lestari(5), Muhammad Ma’shum Sam(6),

(1) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(3) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(4) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(5) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(6) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/iptek.v2i1.38140

Abstract


Abstrak. Salah satu program dari Kuliah Kerja Profesi (KKP) Fakultas Psikologi UNM yang bertempat di Pusat Layanan Psikologi adalah meningkatkan kemampuan dalam mengelola kegiatan yang berkaitan dengan alat-alat tes psikologi. Salah satu kegiatan tersebut adalah Pelatihan Administrasi Alat Tes Psikologi. Tujuan mengadakan kegiatan pelatihan ini adalah  untuk menambah wawasan dan keterampilan mahasiswa dan alumni psikologi dalam menggunakan alat-alat tes psikologi, terutama dalam kemampuan pengadministrasiannya dan ketika di hadapkan langsung dengan testee atau orang yang di tes. Subjek pada penelitian ini yakni 28 orang yang bersedia mengikuti kegiatan pelatihan ini dari awal hingga akhir kegiatan. Instrumen menggunakan soal pengetahuan sebelum (pretest) dan setelah (posttest) materi dan praktek pelatihan diberikan. Data diolah dengan membandingkan pretes dan post-tes, disertai dengan data persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pretest dan posttest yang telah dibagikan kepada peserta menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan sebagaimana sejalan dengan tujuan dari pelatihan.

Kata Kunci: Pelatihan, Administasi, Alat tes psikologi

Full Text:

PDF

References


Agusta, L., & Sutanto, E, M. (2013). Pengaruh pelatihan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan CV. Haragon Surabaya. Agora, vol1(3).

Eva Meizara Puspita Dewi dan Nirwana Permatasari. (2022). Pengantar Psikodiagnostik. Makassar: UH Press.

Irfan, dkk (2010). Bunga Rampai Psikologi Pendidikan.pdf. Pustaka Pelajar.

Nur’aeni. (2012). TES PSIKOLOGI: Tes Inteligensi dan Tes Bakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Raganiz, A, A., & Sumaryati. (2021). Dimensi Etis pelaksanaan kursus tes psikologi (Psikotes). Filsafat Indonesia, vol.4(1).


Article Metrics

Abstract view : 326 times | PDF view : 83 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.