Pelatihan Pembuatan Minyak Kelapa dengan Metode Fermentasi menggunakan Mesin Pemeras Santan untuk Meningkatkan Pendapatan Kelompok Pembuat Minyak Kelapa Kelurahan Walennae Kecamatan Sabbangparu

Sumiati Side(1*), Suriati Eka Putri(2), Muhammad Iskandar Musa(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/iptek.v2i1.38125

Abstract


Abstrak. Harga komoditas minyak goreng terus mengalami kenaikan secara signifikan pada akhir tahun 2021 lalu. Memasuki tahun 2022, harga minyak goreng masih belum juga mengalami penurunan, bahkan sangat langka untuk ditemukan di pasaran. Minyak goreng yang umum dipakai di Indonesia untuk proses penggorengan adalah minyak kelapa sawit. Namun ada minyak nabati lain yang bisa dipakai, seperti minyak kelapa. Kelapa merupakan buah tropis yang banyak tumbuh di kepulauan Indonesia, salah satunya adalah di Sulawesi Selatan. Salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan dengan penghasil kelapa terbesar adalah Kabupaten Wajo. Permasalahan langkanya minyak goreng dapat diatasi dengan memanfaatkan sumber daya alam kelapa yang ada. Di Kelurahan Walennae Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo telah memiliki kelompok pembuat minyak kelapa, beranggotakan masyarakat setempat yang mengelola hasil kebun kelapa menjadi minyak kelapa. Jumlah minyak kelapa yang dapat dihasilkan per hari hanya sekitar 10 liter. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, salah satu hambatan kurangnya jumlah produksi minyak kelapa adalah karena membutuhkan banyak tenaga pada proses pemerasan santan dan saat proses pemanasan membutuhkan waktu yang cukup lama. Dengan demikian dibutuhkan sentuhan IPTEK untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satunya adalah dengan melakukan pelatihan mengenai pembuatan minyak kelapa dengan metode fermentasi dan pemanfaatan teknologi mesin pemeras santan. Kegiatan ini disambut baik oleh warga yang ditunjukkan dengan meningkatnya pemahaman dan pengetahuan mengenai proses pembuatan minyak kelapa dengan metode fermentasi.

Keywords: Minyak kelapa, fermentasi, pemeras santan

Full Text:

PDF

References


Andaka, Ganjar. 2016. “Fermentasi Menggunakan Ragi Roti Making Coconut Oil By the Fermentation Method.” Teknik Kimia 10(2): 65–70.

Emilia, Ita, Yunita Panca Putri, Dewi Novianti, and Melly Niarti. 2021. “Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) Dengan Cara Fermentasi Di Desa Gunung Megang Kecamatan Gunung Megang Muara Enim.” Sainmatika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 18(1): 88.

Putri, Suriati Eka, Ramdani Ramdani, and Pince Salempa. 2019. “Peningkatan Produksi Minyak Kelapa Dengan Cara Fermentasi Di Kabupaten Bulukumba.” Dedikasi 21(1): 26–29.


Article Metrics

Abstract view : 212 times | PDF view : 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.