Pelatihan Strategi Menghadapi Persaingan Dunia Kerja bagi para Freshgraduate

Resekiani Mas Bakar(1*), Faradillah Firdaus(2), Rahmawati Syam(3), Nur Akmal(4),

(1) Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(2) Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(3) Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(4) Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/iptek.v1i3.33977

Abstract


Abstrak. Kegiatan pengabdian ini bertujuan dalam memberikan pengetahuan dan informasi bagi para lulusan (mitra) tentang dunia kerja, termasuk bagaimana strategi dalam menghadapi persaingan sumber daya manusia ketika menghadapi seleksi kerja. Kegiatan pengabdian dilakukan dalam bentuk pelatihan berdasarkan metode pembelajaran orang dewasa (andragogy learning style). Para peserta diminta untuk mengemukakan pengalamannya selama menempuh studi dan kemudian menghubungkan dengan dunia kerja. Peserta difasilitasi untuk mengenali potensi yang dimiliki dan menjadikan sebagai kekuatan dalam memilih dan melamar pekerjaan. Evaluasi reaktif menyatakan senang dengan pelaksanaan kegiatan pelatihan ini karena dapat memberikan pengalaman dan pengetahuan yang baru bagi mitra. Para mitra mengalami perubahan pemahaman (knowledge) terkait tes apa saja serta kompetensi kerja seperti apa yang dibutuhkan, juga mendapatkan informasi tambahan tentang cara berkomunikasi yang efektif dan pembawaan diri yang tepat ketika menghadapi seleksi kerja.

 

Kata Kunci: Sukses dunia kerja, seleksi kerja, pelatihan


Full Text:

PDF

References


Shujaat, S., Cheema, F., & Manzoor, A. (2014). Importance of motivational factors among fresh graduate employees. IBT Journal of Business Studies, Vol. 1 (1), 102-113.

Sagita, M. P., Hami, A. E., & Hinduan, Z. R. (2020). Development of Indonesian work readiness scale on fresh graduate in indonesia. Jurnal Psikologi, 19(3), 297-314.


Article Metrics

Abstract view : 258 times | PDF view : 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.