PKM Pemanfaatan Sampah Plastik

Amal Amal(1*), Nur Anny Suryaningsih Taufieq(2), Muhammad Faisal Juanda(3),

(1) Jurusan Geografi, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Geografi, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/iptek.v1i3.33136

Abstract


Abstrak. Limbah/sampah plastik dapat diolah menjadi berbagai olahan/produk yang unik dan menarik dan bernilai ekonmis (dapat dijual). Metode dan Tahapan dalam Penerapan Teknologi kepada Masyarakat yaitu tahap desk study  termasuk sturdi literatur, pelatihan dan demonstrasi; monitoring dan Evaluasi Program, refleksi pelaksanaan program, pemantapan dan perbaikan program yang masih kurang sehingga dapat menghasilkan sebuah program yang berdaya guna dalam menyelesaikan persoalan dalam hal penanganan limbah plastik khususnya kantong plastik dan botol plastik. Adapun hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah (1) Teknologi sederhana dalam pemanfaatan sampah plastik menjadi barang hasil recycle berupa bunga dan boneka panda dari plastik (2) Bunga plastik dan boneka panda dari plastik yang  memiliki nilai guna dan nilai estetik (3) Bunga plastik dan boneka panda dari plastik yang dapat dijadikan hiasan di interior rumah hingga kantor (4) Meningkatnya ide dan kreatifitas masyarkat pasca kegiatan dalam pemanfaatan sampah plastik (5) Menumbuhkan rasa peduli lingkungan. Adapun faktor pendukung Program Kemitraan Masyarakat ini berupa (1) Bahan baku yang akan dimanfaatkan mudah diperoleh (2)Menggunakan alat sederhana dan sering dijumpai di rumah masing -masing. (3)Minat dan antusias kelompok wanita yang tinggi dalam melaksanakan kegiatan. (4)Tenaga kerja bantu yang digunakan sangat memadai. Selain itu, faktor yang menghambatnya diantaranya (1) Prospek pengembangan untuk dijadikan usaha kecil – menengah tergolong masih kurang (2) Modal dan strategi pemasaran yang masih minim dan butuh bimbingan lebih lanjut.

Kata Kunci: Pemanfaatan, Sampah Plastik, Kelompok Wanita

Full Text:

PDF

References


Dhokhikah,, Y., Trihadiningrum,, Y., Sunaryo, S. (2015). Community participation in household solid waste reduction in Surabaya, Indonesia. Resources, Conservation and Recycling, 102, 153-162

https://brainly.co.id/tugas/15899042. Diakses pada tanggal (18 Februari 2020)

https://www.liputan6.com/citizen6/read/3916267/ cara-membuat-bunga-dari-plastik -inspirasi-hiasan-rumah-ramah-lingkungan. Diakses pada tanggal (18 Februari 2020)

https://zonamakassar.com/kurangi-sampah-plastik-wali-kota-makassar-keluarkan-edaran-penggunaan-tumbler-bagi-asn/. Diakses pada tanggal (18 Februari 2020)

https://www.liputan6.com/regional/read/3091606/cantiknya-gapura-limbah-plastik-di-makassar. Diakses pada tanggal (18 Februari 2020)

Kholidah, N., Faizal, M., Said, M. (2018). Polystyrene P lastic Waste Conversion into Liquid Fuel with Catalytic Cracking Process Using Al2O3 as Catalyst. Science & Technology Indonesia, 3, 1- 6

Trihadiningrum, Y. Wigjosoebroto, S. Simatupang, N.D. & Damayanti, O. (2006). Reduction capacity of plastik component in municipal solid waste of Surabaya City, Indonesia. Environmental Technology and Management Conference 2006.Bandung, September 7-8, 2006.

Wahyudi, J., Prayitno H.T.,Astuti, A.,D., (2018) The Utilization Of Plastik Waste As Raw Material For Producing Alternative Fuel. Jurnal Litbang. 14(1), 58-67


Article Metrics

Abstract view : 265 times | PDF view : 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.