Meminimalkan Potensi Konflik Melalui Pemahaman Komunikasi Nonverbal

Nurfitriany Fakhri(1*), Sahril Buchori(2), M. Ahkam Alwi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/iptek.v1i3.32944

Abstract


Abstrak. Dalam konteks interaksi sosial, komunikasi verbal relatif lebih mudah untuk dipahami, karena pesan disampaikan langsung secara verbal (kata-kata atau kalimat), baik melalui media tertentu atau face to face. Tapi untuk komunikasi non verbal, ternyata membutuhkan keterampilan tertentu agar untuk dapat menangkap suatu pesan sekaligus memberikan pemaknaan yang tepat, untuk menjamin keberlangsungan sebuah proses komunikasi. Kegiatan pengabdian ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman kepada mahasiswa agar dapat secara bijak menyikapi dan memaknai setiap pesan terutama pesan non verbal yang mereka terima dari lingkungan. Hanya dengan pemahaman yang baik terhadap setiap pesan non verbal, dapat diharapkan mahasiswa dapat terhindar dari konflik-konflik yang sesungguhnya tidak perlu, yang tidak sedikit justru mengantarkan para mahasiswa pada kerugian yang luar biasa.

 

Kata kunci: Komunikasi nonverbal, konflik, mahasiswa.


Full Text:

PDF

References


Borod, J. C., Bloom, R. L., Brickman, A. M., Nakhutina, L., & Curko, E. A. (2002). Emotional processing deficits in individuals with unilateral brain damage. Applied Neuropsychology, 9(1), 23-36.

Buchori, S., Kartadinata, S., Yusuf, S., Ilfiandra, I., Fakhri, N., & Adiputra, S. (2021). Developing A Framework Peace Education for Primary School Teachers in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(8).

Campbell, R.F., Carbally, J.E. & Nustrand, R.O. (1983). Introduction to educational administration. Boston: Allyn and Bacon.

Dincyürek, S., Yeliz, K. & Beidoglu, M. (2009). Determining the conflict resolution strategies of university students. Procedia Social and Behavioral Sciences, 1, 1205–1214. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2009.01.217

Fakhri, N., & Buchori, S. (2022). Intrapersonal peacefulness in Indonesian adolescents. Proceedings of the 1st World Conference on Social and Humanities Research (W-SHARE 2021).

Hal, J.J. (2001). Nonverbal communication, social psychology of. International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/B0-08-043076-7/01813-1.

Hannigan, M.A., & Hertig, C.A. (2010). Chapter 25 – crisis intervention. The Professional Protection Officer: Practical Security Strategies and Emerging Trends. https://doi.org/10.1016/B978-1-85617-746-7.00025-0.

Hartwick, J. & Barki, H. (2002). Conceptualizing the construct of interpersonal conflict. Canada: McGill University.

Kidar, F. F., Daud, M., & Fakhri, N. (2021). Pengaruh pelatihan komunikasi efektif terhadap peningkatan perilaku asertif. Jurnal Talenta Mahasiswa, 1(1).

Knapp, M. L., Hall, J. A., & Horgan, T. G. (2014). Nonverbal communication in human interaction (8th ed.). Boston: Wadsworth Cengage Learning.

Mappiwali, H. (2022, Maret 29). 2 kelompok mahasiswa UIN Alauddin Makassar bentrok, polisi turun tangan. Detik Sulsel. Diambil dari https://apps.detik.com/detik/

Nurdin, M. N., & Fakhri, N. (2020). Perbedaan empati kognitif dan empati afektif pada remaja laki-laki dan perempuan. Jurnal Psikologi TALENTA, 2(2), 11.

Peter, F. (1996). Interpersonal conflict management in-group psychotherapy. An Integrative Perspective, (29), 257–275.

Tim Detikcom. (2021, November 29). Belum terang duduk perkara perang mahasiswa di Makassar. Detik News. Diambil dari https://apps.detik.com/detik/

Shahmohammadi, N. (2014). Conflict management among secondary school students. Social and Behavioral Sciences, (159), 630–635. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.12.438.

Sadowski, Y. (1998). Ethnic conflict. Journal of Foreign Policy, 1(11), 12–23. https://doi.org/10.2307/1149375

Swanstrom, N.L.P., & Weissmann, M.S. (2005). Conflict, conflict prevention and conflict management and beyond: a conceptual exploration. Concept Paper. Central Asia-Caucasus Institute & Silk Road Studies Program.

Suchy, Y. & Holdnack, J. (2013). Assessing social cognition using the ACS for WAIS-IV and WMS-IV. WAIS-IV, WMS-IV, and ACS: Advanced Clinical Interpretation. 367-406. 10.1016/B978-0-12-386934-0.00008-0.

Waithaka, A.G. (2015). Influence of conflict resolution training on conflict handling styles of college students. Journal of Higher Education, 28, 1–17.


Article Metrics

Abstract view : 214 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.