Pemberdayaan Masyarakat Desa Satarloung untuk Meningkatkan Nilai Jual Pisang

Maria Teliana Sum(1*), Yudha Nurdian(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Jember
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/iptek.v1i3.32834

Abstract


Abstrak. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan edukasi kepada masyarakat desa mengenai pengolahan berbagai macam kuliner olahan berbahan baku pisang. Hal ini dilakukan karena 1) harga jual pisang sangat rendah 2) adanya keterbatasan masyarakat dalam menginovasi bahan baku. Adapun kegiatan yang dilakukan adalah : 1) Sosialisasi dengan masyarakat terkait kegiatan yang akan dilakukan 2) melakukan pendampingan dalam proses pembuatan, pengemasan dan cara menjual produk. Secara garis besar hasil yang didapatkan yaitu daya serap Masyarakat terhadap materi kegiatan cukup baik, hal ini terlihat dari kemampuan praktek masyarakat. Sikap antusias dan rasa ingin tahu Masyarakat sangat tinggi. Dengan melihat hasil yang telah didapatkan maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat  bagi masyarakat.

 

Kata kunci: Pisang,Nilai Jual,Pengabdian Masyarakat.  


Full Text:

PDF

References


Chambers, R. (1998). Pembangunan Desa Mulai dari Belakang [Village Development Starting from Behind]. Jakarta: Lembaga Penelitian, Pendidikan, dan Penerangan Ekonomi dan Sosial.

Dale, J., James, A., Paul, J. Y., Khanna, H., Smith, M., Peraza-Echeverria, S., & Harding, R. (2017). Transgenic Cavendish bananas with resistance to Fusarium wilt tropical race 4. Nature communications, 8(1), 1-8.

Hanum, F., Tarigan, M. A., & Kaban, I. M. D. (2012). Ekstraksi pektin dari kulit buah pisang kepok (Musa paradisiaca). Jurnal Teknik Kimia USU, 1(1), 49-53.

Rizal.M, Widowati,R, & Rahayu P. Sriwulan. (2015). Perbaikan teknologi budidaya pisang kepok dan analisis usahataninya di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. Pros Sem Nas Masy Biodiv Indon 1 (7): 1678-1682.


Article Metrics

Abstract view : 264 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.