Penerapan Aplikasi Teknologi Revolusi Industri 4.0 Dalam Pembelajaran di SMKN 10 Makassar

Hendra Jaya(1*), Yasser A. Djawad(2), Muh. Ma'ruf Idris(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/iptek.v1i2.26171

Abstract


Abstrak. Justifikasi kelompok guru SMKN 10 Provinsi sul-sel yang harus ditangani adalah Mendorong, meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan pengetahuan, mendorong meningkatnya kemampuan berfikir kritis, meningkatnya life skills  guru untuk menciptakan Aplikasi Teknologi Revolusi Industri 4.0 dalam Pembelajaran untuk mata pelajaran produktif  di SMK. Metode pelaksanaan kegiatan dan solusi yang ditawarkan adalah Melakukan penerapan Aplikasi kepada guru SMKN 10 Provinsi Sul-sel  tentang pengetahuan dalam menggunakan aplikasi Teknologi Revolusi Industri 4.0 dalam Pembelajaran  melalui pengelolaan pembelajaran, pengontrolan aplikasi untuk siswa, pengelolaan bahan ajar, dan pengelolaan keterlibatan kepala sekolah/pengawas dan orang tua siswa, metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan, tanya jawab. Inovasi Pembelajaran dalam dunia era industri 4.0 merupakan upaya untuk memperbaiki aspek-aspek didunia pendidikan agar lebih efektif dan efisien sesuai dengan tuntutan kehidupan menyambut era revolusi 4.0 Sebagai Guru SMKN 10 wajib mengetahui dan mampu menerapkan inovasi-inovasi untuk mengembangkan proses pembelajaran agar lebih kondusif supaya hasil yang diperoleh dapat maksimal.  Revolusi industri 4.0 berimplikasi terjadinya perubahan dalam pola berpikir dan bertindak yang lebih memanfaatkan keberadaan teknologi yang lebih dikenal dengan pengenalan dan penguasaan Internet of Things (IoT). Guru mata pelajaran produktif SMKN 10 Provinsi Sul-sel sudah mampu (1) menggunakan aplikasi teknologi revolusi industri 4.0 dalam pembelajaran dalam membawakan materi pembelajaran terlihat dalam aktivitas Penerapan Aplikasi.

 

Kata Kunci: Aplikasi Teknologi, Industri 4.0, Pembelajaran, SMK


Full Text:

PDF

References


Badrun, (2014). Daftar Alamat dan Jurusan SMK Negeri di Kota Makassar, Pare-pare dan Palopo. diambil secara online dari http://blog.kartunmania.com/2014/06/daftar-alamat-dan-jurusan-smk-negeri-di-makassar-pare-pare-dan-palopo/#ixzz3VqAi9sjk

Depdiknas. (2002). Pendekatan Kontekstual (Contekstual Teaching Learning/CTL). Jakarta: Depdiknas

Dick, Walker & Carey. Lou, Carey., James O. (2001). The systematic design of Instruction (5th Ed). New York. Longman

Gagne, R, M. & Briggs L.J. (1974). Principle of Instructional Design. New york: Holt, Rinehart & Winston.

Hendarman. 2019. Tantangan Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Pusat Analisis dan SInkronisasi Kebijakan (PASKA)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Soenarto, S. (1993). Strategi Pengelolaan PBM Praktek Pada Sekolah Kejuruan. Jurnal PTK, No.2 Tahun 1. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Yus Mochamad Cholily, Windy Tunas Putri, Putri Ayu Kusgiarohmah. 2019. Pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Seminar nasional penelitian pendidikan matematika (SNP2M) 2019 UMT.

Wiwi Fitriyani. 2020. Pembelajaran Inovasi Memasuki Era Pendidikan 4.0. Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Muda.


Article Metrics

Abstract view : 610 times | PDF view : 292 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.