Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru

Syamsidah Syamsidah(1*), Ratnawati T.(2), Besse Qurani(3), Amir Muhiddin(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Muhammadiyah Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/iptek.v1i2.26103

Abstract


Abstrak. Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kompetensi profesional guru terkait dengan penulisan karya ilmiah khususnya   cara membuat Penelitian Tindakan Kelas. Ini penting agar setiap guru menghasilkan data dan informasi seperti apa model dan metode pembelajaran yang selama ini diberikan, bagaimana hasilnya dan bagaimana jalan keluarnya yang terbaik. Penelitian Tindakan Kelas  di samping dapat  digunakan sebagai refleksi kegiatan pembelajaran di kelas juga dapat  memberi fakta-fakta empirik baru yang dapat menjadi pembanding sekaligus memilih yang terbaik dalam metode dan model pembelajaran. Kelebihan PTK disamping dilakukan oleh guru itu sendiri juga berbasis pada pengalaman dan permasalahan yang dihadapi. Kegiatan ini dilaksanakan di SMAN Negeri 4 Gowa Kabupaten Gowa dengan jumlah peserta sebanyak 15 orang guru. Metode pelatihan  dilaksanakan dalam bentuk ceramah, diskusi dan praktek. Ceramah dan diskusi dilakukan dengan materi: 1) Cara penyusunan proposal meliputi cara memilih masalah, tujuan, manfaat, kajian teori dan siklus Penelitian Tindakan Kelas 2) Keterkaitan antara rumusan masalah dengan kajian teori, kerangka pikir dan hipotesis tindakan. 3) Teknik pengumpulan dan teknik analisis data. 4) Praktek membuat proposal serta persentase hasil proposal. Setelah dilakukan evaluasi saat pelatihan dan pendampingan maka hasil pelatihan menunjukkan bahwa : 1) Peserta serius dan sungguh-sungguh mengikuti pelatihan. 2) Lebih dari 80% peserta sudah mengerti dan memahami cara penyusunan proposal yang baik dan melakukan praktek serta persentase hasil proposal yang telah dibuat.

 

Kata Kunci; Pelatihan, Penelitian Tindakan Kelas,  profesionalisme guru.


Full Text:

PDF

References


Amstrong, T. 2010. Sebagai orang yang cerdas. 7 Kinds of Smart: Identifying And Developing Your Own Intelligences. New York : Plume Books

Azwar. 2018. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hamzah. 2016. Model Pembalajaran Menciptakan Proses BelajarMengajar. Jakarta: BumiAksara.

Iskandar. 2014. Psikologi Pendidikan (sebuah orientasi baru). Jakarta: Penerbit Referensi.

Muhammad Yaumi. 2013. Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran. jakarta: Penerbit Kencana

Parjono. 2015. Landasan Filosifis Teoritis Penelitian Tindakan dan Aplikasinya. Bandung. Alfabeta.

Rusman. 2013. Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali pers.

Retno listyarti. 2012. Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif,Inovatif, dan Kreatif. Jakarta: Penerbit esensi.

Syamsidah dan Ratnawati . 2018. Pengayaan Kompetensi Mahasiswa melalui Penelitian Tindakan Kelas. Prosiding Semnas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume 2018.No 3.


Article Metrics

Abstract view : 165 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.