Pelatihan Pengembangan Kemampuan Dasar Pertolongan Awal terhadap Stres Negatif pada Pekerja Sosial UPT PPSKW Mattiro Deceng Kota Makassar

Nurfitriany Fakhri(1*), Muh. Fuad Rumy Yunus(2), Miftahul Annisa Nurjannah(3), Mahatir Rija Akbar(4), Muh. Aqzan Surdin(5), Muh. Fikri Haikal(6),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/iptek.v1i1.25937

Abstract


Abstrak. Tujuan pelatihan ini untuk melatih para pekerja sosial dalam mengembangkan kemampuan dasar pertolongan awal kepada binaan dengan stres negatif serta pemberian treatment. Metode yang digunakan dalam kegiatan dedikasi ini adalah ceramah, diskusi dan tanya jawab. Dalam sesi pemberian materi para peserta diberikan booklet mengenai model-model terapi sederhana. Para peserta selama menerima materi menunjukkan sikap yang sangat responsif dan aktif dalam berdiskusi serta bertanya kepada pemateri. Hasil yang dicapai cukup baik dan responsif, artinya terdapat pemahaman para pekerja sosial tentang stres negatif, terutama dalam hal pemahaman dan pelaksanaan serta teknik dalam menghadapi warga binaan. Para pekerja sosial di UPT PPSKW Mattiro Deceng sangat tertarik untuk meningkatkan pengetahuannya terkait stres negatif. Pernyataan ini didukung oleh antusiasnya para peserta dalam mengikuti dan mengajukan pertanyaan selama pelaksanaan kegiatan pelatihan. Berkaitan dengan hal tersebut, para peserta mempunyai kehendak untuk mencoba menerapkan ilmu dalam memberikan intervensi dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan terhadap warga binaan.

 

Kata Kunci: Pelatihan, Pekerja Sosial, Stres, Pemberian Treatment


Full Text:

PDF

References


Almasitoh, U. H. (2011). Stres Kerja Ditinjau Dari Konflik Peran Ganda Dan Dukungan Sosial Pada Perawat. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 8(1).

Christyanti, D., Mustami'ah, D., & Sulistiani, W. (2012). Hubungan Antara Penyesuaian Diri Terhadap Tuntutan Akademik Dengan Kecenderungan Stres Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah Surabaya. Jurnal Insan Media Psikologi, 12(3).

Fahrezi, M., Wibowo, H., Irfan, M., & Humaedi, S. (2020). Peran Pekerja Sosial Dalam Meningkatkan Kemampuan Coping Stres Masyarakat. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 3(1), 53-60.

Ferdiawan, R. P., Raharjo, S. T., & Rachim, H. A. (2020). Coping Strategi Pada Mahasiswa Yang Bekerja. Jurnal Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 199-207.

Setiyana, V. Y. (2013). Forgiveness Dan Stres Kerja Terhadap Perawat. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(2), 376-396.


Article Metrics

Abstract view : 183 times | PDF view : 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.