Improving the Students’ Collaborative Skill by using Numbered Heads Together Method
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/ijosse.v4i1.52101
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Yani. (2018). Soft Skill dan Hard Skill: Konsep dan Implementasinya dalam Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Akbar. (2022). Improving Collaborative Skills and Communication of Grade VII Students through Cooperative Learning with Jigsaw Technique. Journal of Education and Learning, 11(1), 45-57.
Apandi, I. (2018). Strategi Pembelajaran Aktif: Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Bruhn, A, dkk. (2016). Instruksi yang memotivasi? Ada aplikasi untuk itu! Interv. Sch. Klinik, hlm. 1053451216644825
Daryanto. 2007. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.
Devi, V. P., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2018). "Peningkatan Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar Tema dengan Metode Numbered Heads Together (NHT) Berbatuan Puzzle." Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 1-10.
Haydon, T, dkk. (2010). “Efek dari kepala bernomor bersama-sama pada skor kuis harian dan perilaku tugas siswa penyandang disabilitas,” J. Behav. Pendidikan, vol/edisi: 19(3), hlm. 222–238, 2010.
Hardianti. (2021). Analisis Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fisika Di Smk Negeri 1 Bantaeng. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Hunter, WC., et al. (2016). “Konsultan dan Rekan Guru yang Mempengaruhi Hasil Siswa dengan Jumlah Kepala Bersama-sama.
Likert, R. (1932). A Technique for the Measurement of Attitudes. Archives of Psychology, 140, 1–55.
Maman, M., & Rajab, A. A. (2016). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif ‘Number Heads Together (THG)’ dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Membaca Siswa”. International Journal of Evaluation and Research in Education, 5(2).
Nurhamidah, O., & Oktavian, P. (2022). "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi dan Hasil Belajar Siswa." Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 7(1), 93-104.
Purnamayanti, N. K. D., & Tegeh, I. M. (2020). "Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan Talking Stick dalam Setting Lesson Study terhadap Hasil Belajar Siswa." Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 22-31.
Rahayu, E., et al. (2019). The Effect of Project Based Learning Model on Students' Collaboration Skills. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(4), 367-373.
Riskayanti. (2021). Pembelajaran yang Efektif dalam Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 87-98.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Article Metrics
Abstract view : 25 times | PDF view : 9 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
dipublikasikan oleh:
Fakultas Ilmu Sosial
Universitas Negeri Makassar
Kampus UNM Gunung Sari Gedung Fakultas Ilmu Sosial Lantai 2, Jalan Raya Pendidikan, Makassar. 90222. Phone 082395232077
E-mail: journalijosse@gmail.com
IJoSSE Indexed By
LICENSED BY :
IJoSSE is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.