The Impact Of The Public Sphere Of Democracy On The Competence Of Citizens
(1) Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar, Indonesia
(2) Institut Agama Islam Negeri Bone, Watampone, Indonesia
(3) Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/ijosse.v4i2.41234
Abstract
Keyword: Publik Sphere, Democracy, Citizens
Full Text:
PDFReferences
Abd. Muhith, Problematika Pembelajaran Tematik Terpadu di MIN III Bondowoso, (Indonesian Journal of Islamic Teaching Vol. 1 No. 1, 2018), hal 47
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Kemendikbud.
Ida Juwariyah, (2019). Implementasi Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. eBook Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar_3,BAB 1, 85-91
Indarta, Yose, Nizwardi Jalinus, Agariadne Dwinggo Samala, Afif Rahman Riyanda, and Novi Hendri Adi. 2022. “Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar Dengan Model Pembelajaran Abad 21 Dalam Perkembangan Era Society 5 . 0.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4(2):3011–24.
Javanisa, A., Fauziah, F. F., Melani, R., & ZAR. (2022). Implementasi Kurikulum Sekolah Penggerak terhadap Motivasi Peserta Didik. Jurnal Kalam Pendidikan PGSD Kebumen, 1, 34–37.
Julaeha, S. (2019). Problematika kurikulum dan pembelajaran pendidikan karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157.
Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek, 9–46. ult.kemdikbud.go.id
Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi No. 162 Tahun 2021
Marisa, Mira. 2021. “Inovasi Kurikulum ‘Merdeka Belajar’ Di Era Society 5.0.” Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora) 5(1):72. doi: 10.36526/js.v3i2.e-ISSN.
Muhajir, dkk. 2021 Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar. Tulungagung: Akademi Pustaka
Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka belajar: kajian literatur. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 1.
Suryaman, Maman. 2020. “Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar.” Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra 1(1):13–28.
Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi nilai Pancasila dalam pembelajaran melalui penerapan Profil Pelajar Pancasila berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 25(2), 155.
Syafi’i, Fahrian Firdaus. 2021. “Merdeka Belajar: Sekolah Penggerak.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (November):46–47.
Wahyuni, dkk. 2019. “JMSP (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan).” Jurnal Manajemen Dan Supervisipendidikan 3(2000):130–37.
Yanti, A. A., & Fernandes, R. (2021). Adaptasi guru terhadap pembelajaran pada masa pandemi COVID-19 (studi kasus Guru MAN 2 Kota Padang Panjang). Jurnal Perspektif, 4(3), 459.
Article Metrics
Abstract view : 66 times | PDF view : 10 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
dipublikasikan oleh:
Fakultas Ilmu Sosial
Universitas Negeri Makassar
Kampus UNM Gunung Sari Gedung Fakultas Ilmu Sosial Lantai 2, Jalan Raya Pendidikan, Makassar. 90222. Phone 082395232077
E-mail: journalijosse@gmail.com
IJoSSE Indexed By
LICENSED BY :
IJoSSE is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.