IMPLEMENTATION OF ALTERNATIVE EDUCATION IN COMMUNITY GROUP IN MAKASSAR CITY

Sofyan Sofyan(1*), Abd. Haling(2), Ruslan Ruslan(3),

(1) Departrment of Educational Technology, Faculty of Teacher and Educational Sciences, Universitas Kristen Indonesia Toraja
(2) Departrment of Educational Technology, Faculty of Educational Sciences, Universitas Negeri Makassar
(3) Departrment of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah berkembangnya pendidikan alternatif di Kota Makassar yang digalakkan oleh sejumlah kelompok komunitas sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan potensi peserta didik sekolah formal maupun anak-anak putus sekolah dengan berbagai latar belakang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan kajian terhadap perencanaan, pelaksanaan, kebermanfaatan, respon masyarakat, dan hambatan pelaksanaan pendidikan alternatif yang digalakkan oleh Komunitas Ruang Abstrak Literasi dan Sikola Cendekian Pesisir di Kelurahan Tallo dan Kelurahan Barang Caddi. Jenis penelitian yang dipakai pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian adalah seluruh pihak yang berkaitan dengan perkembangan pendidikan alternatif berbasis komunitas yang menjadi tempat penelitian antara lain pendiri beserta staff maupun relawan komunitas dan penerima dampak pelaksanaan pendidikan alternatif berbasis komunitas baik secara langsung maupun tidak langsung dan objek dalam penelitian ini adalah Komunitas Ruang Abstrak Literasi dan Komunitas Sikola Cendikia Pesisir. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) perencanaan pelaksanaan pendidikan alternatif yang digalakkan oleh komunitas dilakukan secara sederhana dengan melakukan penyusunan kurikulum secara sederhana yang dilaksanakan secara fleksibel tanpa peraturan secara ketat dan dirasakan cukup bermanfaat terhadap anak-anak dan lingkungan tempat pelaksanaan pendidikan alternatif (2) kegiatan pelaksanaan pendidikan alternatif mendapat respon yang sangat baik oleh masyarakat dan diharapkan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan (3) hambatan dalam pelaksanaan pendidikan alternatif yakni biaya dan sumber daya manusia.


Keywords


Pendidikan Alternatif; Komunitas; Kota Makassar

Full Text:

PDF

References


Hanum, F. (2015). Model Penyelenggaraan Pendidikan Sekolah Islam Terpadu (Studi Kasus Di Sdit Al-Biruni Makassar). Dialog, 38(2), 177–188.

Illich, I. (2000). Bebaskan masyarakat dari belenggu sekolah. Yayasan Obor Indonesia.

Kellmayer, J. (1995). How To Establish an Alternative School. ERIC.

Miarso, Y. (2004). Menyemai benih teknologi pendidikan. Kencana.

Miller, C. A., Fitch, T., & Marshall, J. L. (2003). Locus Of Control And At-Risk Youth: A Comparison Of Regular Education High School Students And Students In Alternative Schools. Education, 123(3).

Mu’ammar, M. A. (2016). Gagasan Ivan Illich Tentang Pendidikan (Telaah dari Sudut Pandang Islam). Islamuna: Jurnal Studi Islam, 3(1), 56–76.

Tim, B. I. P. (2016). Undang-undang dasar negara republik Indonesia tahun 1945. Bhuana Ilmu Populer.

Tobin, T., & Sprague, J. (2000). Alternative education strategies: Reducing violence in school and the community. Journal of Emotional and Behavioral Disorders, 8(3), 177–186.

Young, T. W. (1990). Public alternative education: Options and choice for today’s schools.

Y. Aron, Laudan. (2003). Towards A Typology Of Alternative Education Programs: A Compilation Of Elements From The Literature.

Teachers College Press, Teachers College, Columbia University New York, NY.

Paulo Freire, Pendidikan Kaum Tertindas, Terj. Utomo Dananjaya, dkk, (Jakarta: LP3ES, 2000), hal. 51-52.


Article Metrics

Abstract view : 58 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

IJ-ET (Indonesian Journal of Educational Technology)
Published : Department of Educational Technology,Postgraduate Program, State University of Makassar
Kampus Pascasarjana UNM: Jalan Bontolangkasa,Makassar
E-mail: [email protected]