Sosialisasi Materi Kebhinekaan bagi Guru MGMP PPKN SMP dan SMA Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan

Firman Umar(1*), Andi Aco Agus(2), Muhammad Amin(3),

(1) Prodi PPKn Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi PPKn Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar
(3) PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/humanis.v22i2.55934

Abstract


Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PPKn SMP dan SMA di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan Masalah yang dihadapi mitra pengabdian masyarakat (PKM) ini adalah materi kebhinnekaan global belum tersosialisasi di sekolah secara lengkap. Metode kegiatan pengabdian dilakukan dengan cara diskusi tentang kebhinekaan global dan simulasi metode pembelajaran MARKA. Hasil yang dicapai yakni peningkatan wawasan mitra tentang kebhinnekaan global dan metode pembelajaran MARKA (Mulai dari diri, Aktivitas, Reflkesi, Konsep, Aplikasi) untuk mengajarkan materi kebhinekaan global kepada peserta didik.

Abscract. This Community Partnership Program (PKM) partner is the Junior and Senior High School Civics Teacher Conference (MGMP) in Pangkajene and Islands Regency The problem faced by this community service partner (PKM) is that global diversity material has not been socialised in schools completely. The method of community service activities is carried out by means of discussions about global diversity and simulations of the MARKA learning method. The results achieved are an increase in partners' insights about global diversity and the MARKA learning method (Starting from self, Activity, Reflection, Concept, Application) to teach global diversity material to students

Full Text:

PDF

References


Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama. 2017. Panduan Penilaian Oleh Pendidik Dan Satuan Pendidikan Untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kemendikbudristek. 2022. “Dimensi, Elemen, Dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka.” 1–37.

Khamid, Nur. 2016. “Bahaya Radikalisme Terhadap NKRI.” Millati: Journal of Islamic Studies and Humanities 1(1):123. doi: 10.18326/mlt.v1i1.123-152.

Ma, X., Chen, J., and Y. Chen. 2021. “He Influence of Teachers’ Global Diversity Awareness on Students’ Attitudes and Behaviors Toward Cultural Differences.” Journal of Teacher Education 72(1):5–19.

Macdonald, Laura, Melissa Hawkins, and Marianne Jacquet. 2019. “Exploring Teachers’ Global Citizenship and Its Influence on Quality Education in Canada.” International Studies in Sociology of Education.

Sidhu, Sarjit Kaur, and Daisy L. Sun. 2014. “Global Diversity Awareness and Inclusive Teaching.” The Journal of Educational Research & Policy Studies.


Article Metrics

Abstract view : 45 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Firman Umar, Andi Aco Agus, Andi Aco Agus, Muhammad Amin, Muhammad Amin

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

DITERBITKAN OLEH:

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.2, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Telepon 082395232077

E mail: humanis01jurnal19@gmail.com


 

DIINDEKSIKAN OLEH

 

 

DILISENSI OLEH:

Lisensi Creative Commons
Humanis dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .